Cara Seimbangkan Self Care dan Produktivitas Anda

Yunike Purnama - Minggu, 13 Agustus 2023 09:49
Cara Seimbangkan Self Care dan Produktivitas AndaIstilah “bed rotting” tengah ramai diperbincangkan di media sosial TikTok. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Istilah “bed rotting” tengah ramai diperbincangkan di media sosial TikTok. Tren ini merujuk pada aktivitas untuk tetap berada di tempat tidur dan bersantai sepanjang hari. 

Tren “bed rotting” diklaim bisa menjadi sarana self care atau perawatan diri dan menolak tekanan untuk menjadi produktif.

Psikolog klinis dan penulis buku Stress Free Productivity dan The Anxiety Toolkit Alice Boyes Ph.D menyarankan Anda untuk tidak melakukan tren ini karena berpotensi mengganggu ritme tidur. 

Lebih lanjut Alice menyarankan Anda untuk melakukan 5 aktivitas alternatif yang bisa menyeimbangkan produktivitas dan self care.

1. Tetap di Tempat Tidur Tetapi Tidak Sepanjang Hari 

Anda boleh menghabiskan hari libur dengan tetap di tempat tidur, namun Alice menyarankan Anda untuk tidak melakukannya sepanjang hari. 

2. Identifikasi Aktivitas yang Secara Bersamaan Memberikan Perawatan Diri dan Meningkatkan Produktivitas Anda 

Alice berpendapat bahwa perawatan diri dan produktivitas bukanlah hal yang berlawanan. Banyak aktivitas yang bisa meningkatkan keduanya, seperti berjalan santai dan menghabiskan waktu di alam bebas. 

3. Gunakan Kreativitas Agar Lebih Produktif 

Salah satu cara untuk menjadi lebih produktif adalah dengan bekerja lebih keras, untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. 

Namun, Alice memiliki pandangan lain bahwa cara lain yang bisa Anda coba dan lebih menyenangkan untuk dilakukan adalah dengan menargetkan kreativitas Anda alih-alih jumlah pekerjaan yang berhasil diselesaikan. 

“Ketika Anda lebih kreatif, Anda akan menghasilkan karya yang lebih unik yang bisa menggabungkan lebih banyak dari Anda. Hal ini bisa terasa seperti perawatan diri,” kata Alice. 

4. Pelihara Hubungan Kerja yang Produktif 

Self care adalah tentang perasaan didukung. Salah satu bentuk perawatan diri adalah dengan memelihara hubungan yang mendukung produktivitas Anda. 

Hal ini bisa memiliki dampak jangka panjang. Jika Anda tidak yakin untuk mulai dari mana, cobalah menjalin komunikasi dengan rekan kerja Anda. Puji mereka atau bagikan kabar baik.

5. Tumbuhkan Pengetahuan Diri Anda 

Menurut Alice, meningkatkan pengetahuan diri akan membantu Anda mengelola diri sendiri dengan lebih baik dalam hal produktivitas dan kesehatan. 

Contohnya ketika menghadapi tren “bed rooting”. Tidak apa-apa untuk mencobanya dan lihat bagaimana pengaruhnya terhadap Anda. Apakah itu membuat Anda merasa segar kembali atau malah lesu? Apa Anda bisa tidur dengan nyenyak di malam harinya?

Setiap perubahan dalam rutinitas normal Anda memberikan kesempatan untuk mengamati bagaimana hal itu mempengaruhi Anda, baik dari perspektif produktivitas maupun kesejahteraan mental. (*)

Editor: Redaksi
Tags Bed rotting Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS