BPOM Beri Izin Penggunaan EUA Vaksin AWCorna

Yunike Purnama - Jumat, 30 September 2022 12:16
BPOM Beri Izin Penggunaan EUA Vaksin AWCornaKepala Badan POM, Penny Lukito, dalam konferensi pers Penerbitan EUA Vaksin Indovac dan Vaksin Awcorna pada Jumat, 30 September 2022. (sumber: YouTube BPOM)

JAKARTA - BPOM kembali memberikan izin penggunaan darurat (EUA) kepada vaksin AWCorna. Vaksin ini dikembangkan oleh PT Ethana Biotechnology Indonesia dan Abogene Walvax dari China.

"Vaksin AWCorna akan diproduksi di Indonesia melalaui transfer teknologi mRNA, sehingga ke depannya Indonesia bisa memproduksi vaksin sendiri dengan mRNA," kata Kepala Badan POM, Penny Lukito, dalam konferensi pers Penerbitan EUA Vaksin Indovac dan Vaksin Awcorna pada Jumat, 30 September 2022.

Efikasi Awcorna pada varian omicron sebesar 71,17%. Selain itu keamanan vaksin disebut ditoleransi baik dan efek samping paling sering dilaporkan demam, nyeri, sakit kepala dan bengkak. Termasuk tidak ada kematian yang dilaporkan.

Tidak seperti vaksin mRNA lainnya, vaksin AWCorna cukup unik cara penyimpanannya. Yakni hanya membutuhkan lemari pendingin 2-8 derajat saja.

"Ada kekhususan yang pertama dapat disimpan 2-8 derajat. Sebelumnya vaksin mRNA harus ada penyimpanan lebih besar dari -70 derajat celcius," jelas Penny.

"Untuk negara tropis seperti Indonesia, ini penting sekali penyimpanan dan distribusi".

Penny juga menjelaskan vaksin AWCorna, seperti Indovac, telah memiliki fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sertifikasi halal dari BPJH atau Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH)

EUA yang diberikan ini diperuntukkan untuk penggunaan vaksin primer pada usia 18 tahun. Vaksin diberikan sebanyak dua dosis dengan jarak 28 hari.

Sementara itu EUA juga diberikan pada booster. Jaraknya 6 bulan setelah vaksin kedua yang menggunakan platform inactivated. "Dengan disetujui EUA atas nama Ethana menambah alternatif vaksin," kata Penny. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags Vaksin AWCorna Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS