Biaya Haji Tahun Depan Diprediksi Naik

Yunike Purnama - Selasa, 13 Desember 2022 06:12
Biaya Haji Tahun Depan Diprediksi NaikKemenag Buka Pendaftaran Petugas Penyelenggara Ibadah Haji 2023, Ini Syaratnya (sumber: ilustras/Pixabay )

JAKARTA - Biaya haji untuk 2023 diproyeksi naik. Hal itu karena besarnya komponen biaya untuk ke Tanah Suci. Seperti diketahui, biaya haji pada 2022 senilai Rp97,9 juta per orang. Sementara yang harus dibayar atau dilunasi jamaah hanya Rp39,89 juta.

Dengan demikian, besaran subsidi untuk biaya haji yang diambilkan dari nilai manfaat pengelolaan keuangan haji oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mencapai Rp58,03 juta atau 59 persen untuk satu orang.

Karena itu, BPKH menyatakan biaya haji 2023 akan naik dan tidak bisa dihindarkan.

Terkait hal tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Cholil Nafis menilai baiknya keberangkatan haji bagi yang mampu saja. Mampu dalam hal keniscayaan finansial terutama.

"Kemampuan untuk ongkos dan perjalanan, perjalanan sekarang bisa makan kuota, oleh karena itu ongkos harus sendiri, kalau tidak mampu ya tidak wajib haji," katanya.

Dia menjelaskan, keberangkatan haji saat ini harus mengantre. Maka baiknya kata dia bagi yang mampu secara finansial daftar saja.

Sebab, hal ini bagian dari Azam yakni niat yang sudah ditunaikan. Urusan berangkat atau tidak itu takdir.

"Karena kalo kita sudah mempunyai kemampuan membayar tapi enggak mendaftar dianggap tidak pernah berniat melaksanakan syariat Allah rukun Islam yang ke lima itu, dan saya pikir bagi yang sudah mendaftar dan sudah melaksanakan kewajibannya soal tidak berangkat itu adalah dari Allah dan kewajiban dari pengelola dalam hal ini negara adalah bagaimana membuat orang itu berangkat," jelasnya.(*)

Editor: Redaksi
Tags Biaya haji naik Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS