Beasiswa Pendidikan Creativa Dibuka, Ayo Segara Daftar!

Yunike Purnama - Kamis, 27 Oktober 2022 09:33
Beasiswa Pendidikan Creativa Dibuka, Ayo Segara Daftar!Beasiswa Pendidikan Creativa pendaftarannya sudah dibuka sejak 22 Oktober 2022 dan akan ditutup pada 16 Januari 2023. (sumber: Eduwara )

BANDAR LAMPUNG - Ayo jangan ketinggalan, Beasiswa Pendidikan Creativa pendaftarannya sudah dibuka sejak 22 Oktober 2022 dan akan ditutup pada 16 Januari 2023.

Beasiswa tersebut diberikan oleh Creativa Indonesia untuk pelajar dan mahasiswa dalam masa studinya.

Berdasarkan pengumuman resminya, Beasiswa Pendidikan Creativa ditujukan untuk pelajar aktif pada jenjang SMA/SMK/MA/sederajat dan juga mahasiswa aktif pada jenjang D3, D4, S1, dan S2 dari semua jurusan di Indonesia.

Tujuan dari Beasiswa Pendidikan Creativa adalah untuk membantu pelajar dan mahasiswa yang masih sekolah atau kuliah supaya bisa menyelesaikan tugasnya dalam mencari ilmu pengetahuan.

Terdapat dua kategori dari Beasiswa Pendidikan Creativa. Pertama, Beasiswa Berprestasi yang yang diperuntukkan bagi pendaftar yang memiliki pencapaian akademik atau non akademik dan tidak membatasi prestasi dalam berbagai bidang yang didapatkan dari calon peserta.

Kedua, Beasiswa Kurang Mampu. Kategori tersebut diperuntukkan bagi pendaftar yang memiliki semangat belajar dan berprestasi yang memiliki keterbatasan dalam pembiayaan pendidikan serta pendapatan keluarga yang terbatas.

Benefit yang akan diperoleh dari program Beasiswa Pendidikan Creativa ialah mendapatkan biaya pendidikan sebesar Rp 800 ribu bagi pelajar dan Rp 1,5 juta bagi mahasiswa. Selain itu, para penerima manfaat juga mendapatkan video motivasi "Semudah itu Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri”, sertifikat beasiswa, dan exclusive merchandise custom by Creativa.

Dijelaskan pula bahwa pendaftaran Beasiswa Pendidikan Creativa gratis tanpa dipungut biaya apapun. Namun para pendaftar beasiswa harus mengikuti syarat dan ketentuan, seperti Warga Negara Indonesia (WNI), pendaftar merupakan pelajar aktif di jenjang SMA/SMK/MA/sederajat atau mahasiswa aktif pada jenjang D3, D4, S1, dan S2 dari semua jurusan.

Kemudian, tidak ada minimal nilai rapor atau Indeks Prestasi Komulatif (IPK), peserta yang sudah atau sedang menerima beasiswa lain, baik dari pemerintah maupun swasta diperbolehkan mendaftar, memiliki visi dan misi dalam mengembangkan minat dan bakat dalam bidang pendidikan.

Selain itu, pendaftar harus mengikuti keseluruhan tahapan yang sudah ditentukan. Keputusan penyelenggara terkait dengan program Beasiswa Pendidikan Creativa tidak dapat diganggu gugat.

Adapun jadwal Beasiswa Pendidikan Creativa sebagai berikut, pendaftaran dan share poster beasiswa dijadwalkan pada 22 Oktober 2022-16 Januari 2023, lalu administrasi persyaratan pada 22 Oktober-16 Januari 2023.

Penerimaan 100 Kandidiat dijadwalkan pada 23 Januari 2023, sedangkan pembuatan Akses Computer Based Test juga dilakukan pada 23 Januari 2023. Menyusul kemudian Test Potensi Akademik yang akan dilaksanakan pada 25 Januari 2023.

Pengumuman 10 Kandidat akan dilakukan pada 30 Januari 2023, sedangkan seleksi Interview pada 2 Februari 2023. Pada 6 Februari 2023 dilaksanakan pengumuman Penerima Beasiswa.

Informasi lengkap terkait cara mendaftar dan pranala pendaftaran bisa dilihat melalui laman resmi Beasiswa Pendidikan Creativa.

Creativa Indonesia merupakan platform yang dibentuk sebagai wadah edukatif untuk mendukung terwujudnya pemuda-pemudi Indonesia yang kreatif dan kompetitif. Creativa memiliki misi untuk memberikan kontribusi penuh dengan memberikan apresiasi terhadap karya dan prestasi para pemuda-pemudi Indonesia.(*)

Tulisan ini telah tayang di eduwara.com oleh Redaksi pada 26 Oct 2022 

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS