Amerika Kandangkan Ratusan Jet Tempur F-35

Eva Pardiana - Sabtu, 30 Juli 2022 17:49
Amerika Kandangkan Ratusan Jet Tempur F-35F-35 (sumber: USAF)

WASHINGTON – Angkatan Udara Amerika dipaksa  mengandangkan ratusan jet tempur F-35A Lightening II mereka untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Langkah ini diambil karena kekhawatiran adanya masalah di kartrid peledak  kursi lontar yang dapat menghambat kemampuan pilot untuk ejeksi  dengan aman jika terjadi keadaan darurat.

Alexi Worley juru bicara Komando Tempur Udara (ACC) kepada The War Zone mengatakan sebagian besar dari 113 F-35 milik mereka telah dikandangkan. Sementara juru bicara USAF Kapten Annabel G. Monroe  mengatakan  unit F-35  lainnya segera mengikuti langkah ini. Angkatan Udara memiliki total 349 F-35 dan tidak  jelas berapa banyak yang terpengaruh.

Ini adalah masalah luas yang telah mengandangkan ratusan pesawat Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Marinir. Pesawat milik negara lain kemungkinan juga terpengaruh. 

Masalah yang dialami  terkait dengan perangkat yang digerakkan kartrid (CAD) di kursi ejeksi Martin-Baker. CAD  memulai serangkaian fungsi otomatis ketika kru pesawat menarik pegangan ejeksi untuk melontarkan diri dengan aman dari pesawat .CAD diperiksa secara teratur, dan diganti jika diperlukan. 

Masalah CAD dengan F-35  ditemukan setelah Angkatan Udara melakukan apa yang disebutnya "Petunjuk Teknis Kepatuhan Waktu". Kegiatan  pada 19 Juli ini untuk  memeriksa semua kartrid di kursi lontar dalam 90 hari. 

Worley tidak dapat segera mengatakan apakah ini memengaruhi F-35 yang dikerahkan di luar negeri juga atau jumlah pasti pesawat yang di grounded.

Ratusan pesawat lain di seluruh Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Marinir juga telah dikandangkan sebagai akibat dari kekhawatiran tersebut.

Setelah awalnya menghentikan semua operasi T-38 Talon dan T-6 Texan II, Angkatan Udara ke-19 menghubungi Martin-Baker dan mempersempit jumlah pesawat yang terkena dampak. Saat ini Angkatan UDara Amerika menduga sekitar 203 pesawat T-38 dan 76 T-6 mungkin terpengaruh oleh masalah ini. Jumlah ini mewakili sekitar 40% dari armada T-38  dan 15% dari armada T-6 Amerika.

“Keputusan ini untuk menggrounded pesawat adalah untuk keselamatan para penerbang,” kata Angkatan Udara Amerika dikutip War Zone Sabtu 30 Juli 2022.

Menurut Breaking Defense sejumlah pesawat sayap tetap Angkatan Laut dan Korps Marinir yang dirahasiakan juga telah dilarang terbang karena masalah kursi ejeksi. Angkatan Laut Amerika baru-baru ini kiga menemukan masalah yang mempengaruhi perangkat yang digerakkan kartrid  di beberapa pesawat sayap tetap. Masalah ini mempengaruhi F/A-18 hornet dan super hornet serta  E/A-18G Growler.

Semakin Laris

F-35 memang dikenal sebagai program yang kerap mengalami masalah. Sebagian besar karena banyaknya teknologi baru yang digunakan. Meski demikian jet tempur ini semakin banyak peminat.

Kementerian Luar Negeri Amerika telah menyetujui potensi penjualan pesawat F-35 senilai lebih US$8 miliar ke Jerman. Pesawat nantinya akan mengemban misi pencegahan nuklir.

Kementerian Luar Negeri Amerika pada  Kamis 28 Juli 2022 mengumumkan persetujuan dikeluarkan untuk hingga 35 pesawat F-35A, bersama dengan amunisi dan peralatan terkait. Total  total perkiraan biaya mencapai US$8,4 miliar.

Jet tempur   yang dibangun oleh Lockheed Martin ini akan mengambil alih misi senjata nuklir dari armada tua  PA-200 Tornado. F-35 diharapkan akan mengambil peran tersebut pada  2030.

Jerman pada bulan Maret mengumumkan keputusan untuk membeli pesawat tempur siluman ini. Keputusan tersebut sebagai  pembalikan besar dari rencana sebelumnya untuk membeli pesawat F/A-18 buatan Boeing. 

Sebuah sumber yang dekat dengan program F-35 kepada Defense News mengatakan jika penjualan ke Jerman disetujui, pesawat kemungkinan akan dibangun di fasilitas Lockheed Martin di  Texas.

Selain Lockheed Martin, kontraktor utama yang terlibat dalam penjualan F-35 ini termasuk Pratt & Whitney untuk  menyediakan 37 mesin F135. Selain itu  Boeing dan Raytheon untuk berbagai rudal

Jerman hanyalah salah satu dari beberapa negara Eropa yang telah memilih F-35  untuk mengisi kembali armada jet tempurnya. Baru-baru ini Yunani telah mengirim surat permintaan resmi untuk pengadaan 20 F-35A pada tahun 2028. Sementara  Republik Ceko menginginkan pesawat tersebut untuk menggantikan armada Saab JAS 39 Gripen.

Finlandia juga berencana  menghabiskan US$ 10 miliar untuk membeli 64  F-35 untuk menggantikan F/A-18 Hornet. Pesawat diharapkan akan mulai dikirim  pada 2026. 

Swiss juga memilih pesawat tempur ini pada tahun 2021. Negara tersebut   berkomitmen untuk membeli 36 pesawat yang juga akan menggantikan armada Hornet.

Polandia akan menerima 32 pesawat F-35A mulai tahun 2024. Belgia juga memilih F-35 pada tahun 2018, dan akan menerima 34 pesawat. (TA)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 30 Jul 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS