Upaya Link Net (LINK) Tekan Bahaya Limbah Elektronik

2023-08-05T10:49:04.000Z

Penulis:Redaksi

Editor:Redaksi

Ilustrasi limbah elektronik
Ilustrasi limbah elektronik

JAKARTA - PT Link Net Tbk (LINK) adalah penyedia layanan televisi dan broadband berkecepatan tinggi yang menyadari dampak lingkungan dari industri jaringan dan komunikasi. Hal itu seperti limbah elektronik atau e-waste yang muncul dari pembuangan perangkat lama seperti modem, set-top-box dan router.

Perangkat tersebut memiliki komponen seperti plastik, logam, dan zat berbahaya yang dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Link Net menyadari masalah ini dan berupaya mengurangi dampaknya bagi lingkungan.

Berikut langkah yang dilakukan Link Net untuk mengatasi permasalahan lingkungan dikutip dari Laporan Keberlanjutan perusahaan tahun 2022, Kamis 3 Agustus 2023:

Pengurangan Limbah Elektronik

Untuk mengurangi dampak e-waste, Link Net menerapkan protokol ketat sebelum membuang perangkat elektronik seperti modem dan router bekas. Protokol ini mencakup kontrol kualitas (QC), pembaharuan, dan pemusnahan.

Link Net menetapkan batas dua kali perbaikan untuk menjaga kualitas router dan modem bagi pelanggannya. Melelui prosedur ini, sebagian besar router dan modem bekas mengalami kontrol kualitas dan perbaikan yang ketat, sehingga menghasilkan lebih sedikit barang yang dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Sebagai berupaya mengurangi limbah sesuai dengan kinerja Link Net, pada tahun 2021 sebanyak 70% peralatan pelanggan (CPEs) Link Net yang tidak digunakan telah diperbarui di tahun 2022.

Menjaga Penggunaan Energi dan Emisi 

Pengurangan energi menjadi hal yang krusial karena industri komunikasi membutuhkan banyak energi. Untuk itu, Link Net berkomitmen untuk berkontribusi dalam perlindungan iklim dengan mengurangi jumlah karbon yang terlepas.

Supaya lingkungan tetap terjaga, Link Net menerapkan berbagai inisiatif termasuk mengganti semua lampu tradisional dengan lampu LED yang efisien energi serta meningkatkan kesadaran efisiensi listrik di sekitar perseroan.

Link Net juga berkomitmen terus mencari dan berinvestasi dalam solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mempromosikan efisiensi energi dan mengurangi dampak yang dihasilkan bagi lingkungan.

Manajemen Air Bersih dan Air Limbah

Sebagai perseroan di industri jaringan, Link Net bekerja sama dengan pengelola gedung untuk memastikan sumber dan pembuangan air dikelola dengan efisien dan berkelanjutan.

Untuk mengurangi dampak lingkungan yang hasilkan, Link Net meluncurkan kampanye efisiensi air yang mendorong staf untuk mengadopsi langkah-langkah hemat air setiap hari.

Disamping itu, Link Net juga berkomitmen untuk mempromosikan praktik pengelolaan air yang berkelanjutan dalam semua aspek operasi sebagai bagian dari upaya lebih luas untuk meminimalkan jejak lingkungan industri.

Hasil Penilaian ESG Link Net 2022

Berdasarkan penilain ESG terbaru Link Net pada Agustus 2022, menunjukkan Link Net telah membuat kemajuan yang signifikan dalam memajukan praktik ESG dengan capaian skor 64/100, lebih tinggi dibandingkan dengan skor tahun lalu yakni 45/100.

Capaian tersebut dinilai secara global oleh EcoVadis, yakni perusahaan yang melakukan skrinning ESG global dengan melakukan penilaian ketat pada beberapa area penting seperti lingkungan, tenaga kerja, etika, dan hak asasi manusia, serta pengadaan yang berkelanjutan.

Kemajuan tersebut menjadi salah satu bukti komitmen Link Net untuk terus meningkatkan praktik ESG di perusahaan.(*)