Tujuh Negara Paling Aman di Dunia Tahun 2022, Tertarik Pindah?

2022-08-28T15:44:21.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Yunike Purnama

Inilah 7 Negara Teraman di Dunia Tahun 2022, Tertarik Pindah?
Inilah 7 Negara Teraman di Dunia Tahun 2022, Tertarik Pindah?

BANDAR LAMPUNG - Hidup di lingkungan yang aman akan memudahkan Anda untuk tumbuh dengan lebih baik serta lebih sejahtera. Oleh karena itu, Institute for Economics and Peace menerbitkan laporan yang berisi peringkat pada negara-negara paling aman di dunia. 

Laporan tersebut meneliti negara mana saja yang paling aman dan juga yang paling berbahaya. Dalam peringkat tersebut, mayoritas dari 25 negara teraman teratas berasal dari negara-negara di Eropa. Selain itu, Eropa merupakan satu-satunya benua yang tidak mengalami penurunan keamanan sejak tahun 2009. 

Dilansir dari trenasia.com, berikut 7 negara teraman di dunia tahun 2022.

Islandia

Menurut Global peace Index, Islandia merupakan negara teraman secara global selama 13 tahun berturut-turut. Islandia memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah dan standar hidup yang tinggi, populasi kecil, serta tingkat kepercayaan yang tinggi pada kepolisian yang terlatih dan berpendidikan tinggi. Selain itu, masyarakat Islandia juga rendah tingkat kesenjangan ekonomi dan sosialnya. Bahkan, Islandia tidak memiliki militer serta polisi tidak membawa senjata api.

Selandia Baru

Selandia Baru adalah negara teraman kedua di dunia. Seperti Islandia, Selandia Baru memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah, terutama kejahatan yang berkaitan dengan kekerasan. Selandia Baru juga tidak memiliki satwa buas atau mematikan, tidak seperti Australia yang dikenal memiliki beberapa satwa liar berbahaya. Namun, skor Selandia Baru mengalami sedikit penurunan usai serangan teror yang terjadi di dua masjid di Christchurch pada 15 Maret 2019 yang menewaskan 51 orang.

Portugal

Tidak seperti Islandia dan Selandia Baru, polisi Portugal masih bersenjata. Namun, tampaknya kehadiran polisi yang meningkat telah menurunkan tingkat kejahatan di negara tersebut. Dalam enam tahun terakhir, Portugal telah mengalami kebangkitan ekonomi dan menurunkan tingkat pengangguran lebih dari 17% menjadi di bawah 7%. Tidak mengherankan jika pada tahun 2020 Portugal dinobatkan sebagai negara terbaik untuk pensiun menurut Annual Global Retirement Index.

Austria

Austria merupakan negara teraman keempat di dunia. Skornya sedikit meningkat 0,011 poin dari tahun 2020. Meski begitu, Austria mengalami penurunan keamanan akibat indikator demonstrasi kekerasan setelah pemilihan Partai Rakyat Sebastian Kurz pada Oktober 2017. Meski begitu, Austria masih menjadi negara yang sangat aman bahkan kejahatan serius jarang terjadi.

Denmark

Denmark merupakan salah satu dari sedikit negara di mana orang melaporkan rasa aman setiap saat baik siang atau malam. Warga Denmark memiliki tingkat kesetaraan yang tinggi dan rasa tanggung jawab bersama yang kuat untuk menjaga kesejahteraan sosial. Korupsi juga jarang terjadi dalam bisnis atau politik karena kejujuran dan kepercayaan merupakan prioritas utama di Denmark.

Kanada

Kanada adalah negara teraman keenam dan memiliki tingkat kejahatan rendah dan stabilitas politik yang baik. Selain itu, Kanada memiliki peluang kerja yang baik untuk warganya serta menyediakan akses yang luas ke perawatan kesehatan.

Singapura

Singapura merupakan negara ketujuh teraman di dunia. Penduduk Singapura memiliki rasa aman dan mendapatkan pengalam positif dengan penegakan hukum daripada negara lain di mana pun. 

Singapura memiliki salah satu tingkat kejahatan terendah di dunia, yang disebabkan oleh hukuman berat yang dikeluarkan bahkan untuk kejahatan kecil. Pemerintah dan polisi secara ketat mengontrol senjata api dan senjata api lainnya, sehingga kejahatan kekerasan dan konfrontatif jarang terjadi di Singapura.

Itu tadi 7 negara teraman di dunia tahun 2022, tertarik pindah ke negara tersebut?(*)