Aksi Demo Mahasiswa Unila Terkait Korupsi Rektor, Berikut 7 Tuntutannya

Yunike Purnama - Senin, 22 Agustus 2022 10:16
Aksi Demo Mahasiswa Unila Terkait Korupsi Rektor, Berikut 7 TuntutannyaMahasiswa Universitas Lampung akan melakukan demo tuntut Plt Rektor dijabat orang luar birokrat Universitas Lampung (Unila). (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG - Mahasiswa Universitas Lampung akan melakukan demo tuntut Plt Rektor dijabat orang luar birokrat Universitas Lampung (Unila).

Aksi demo mahasiswa Unila yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Universitas Lampung menyerukan Aksi Kreatif Perjuangan Melawan Tindak Pidana Korupsi dan Kemerdekaan Berdemokrasi pada Senin, 22 Agustus 2022.

Mahasiswa Unila unjuk rasa hari ini “REKTOR KORUPSI, DEMOKRASI DIKEBIRI” di belakang Gedung Rektorat Unila.

Aksi demo ini untuk menyatakan keprihatinan mereka atas OTT KPK terhadap Rektor Unila Prof Karomani, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Heryandi, Ketua Senat Dr Muhammad Basri.

“Panjang umur perjuangan! Tindak pidana korupsi menjadi hal yang tidak boleh ada dalam lingkup pendidikan. Penyediaan sarana dan prasarana yang kurang memadai dan belum sepenuhnya dijalankan sebagaimana mestinya perlu dikaji ulang terkait transparansinya,” ujar Aliansi Mahasiswa Universitas Lampung seperti dikutip dari seruan aksinya.

Peserta aksi menyerukan tujuh poin tuntutan dimana salah satunya adalah mahasiswa Unila demo tuntut Plt Rektor dijabat orang luar birokrat Unila.

Berikut poin tuntutan aksi demo mahasiswa Unila selengkapnya:

1. Pembuatan satgas khusus tindak korupsi yang melibatkan mahasiswa;

2. Meminta Kemendikbud Ristek menunjuk Plt Rektor di luar dari birokrat Universitas Lampung;

3. Mengusut penggunaan dana dari lingkup terkecil termasuk pungli;

4. Memberikan transparansi seluruh anggaran dana penggunaan seluruh dana aktivitas di Universitas Lampung secara terbuka;

5. Merevisi Peraturan Rektor Nomor 18 Tahun 2021 dengan melibatkan mahasiswa dan mencabut pembekuan organisasi kemahasiswaan tingkat Universitas dan Fakultas;

6. Meminta Kemendikbud Ristek segera memecat secara tidak hormat semua pejabat Universitas Lampung yang dinyatakan tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi;

7. Semua pejabat yang berpotensi terlibat kasus korupsi ini dan yang terindikasi anti terhadap gerakan mahasiswa ditolak untuk menjadi kandidat pengisi jabatan strategis di Universitas Lampung. (IQB)

Editor: Yunike Purnama
Tags OTT Rektor Unila Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS