SMPN 26 Bandar Lampung Gelar Karya P5 Bertema Bhinneka Tunggal Ika

2024-10-01T09:39:05.000Z

Penulis:Eva Pardiana

Penguatan Profil Pelajar Pancasila.jpg
Siswa SMPN 26 Bandar Lampung menampilkan tarian daerah dalam acara Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema Bhinneka Tunggal Ika: Ragam Budaya Indonesia, Kamis (26/9/2024), di lapangan sekolah setempat. Kegiatan ini menampilkan berbagai pertunjukan siswa yang membawakan seni tari daerah, seni drama, maupun puisi.

BANDAR LAMPUNG – SMPN 26 Bandar Lampung melaksanakan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema Bhinneka Tunggal Ika: Ragam Budaya Indonesia, Kamis (26/9/2024), di lapangan sekolah setempat.  Kegiatan yang berlangsung meriah ini menampilkan berbagai pertunjukan siswa yang membawakan seni tari daerah, seni drama, maupun puisi.

Pengawas Pembina SMPN 26 Bandar Lampung, Elva Maria, mengapresiasi kegiatan P5 ini. Sebab, katanya, P5 ini merupakan wadah siswa untuk berproses dan belajar kemandirian, gotong royong, menumbuhkan jiwa kreatif, dan berpikir kritis.

Dok. SMPN 26 Bandar Lampung

“Kegiatan ini bukan spontan. Sudah dilakukan delapan kali pertemuan dan ini adalah panennya,” kata Elva. Ia berharap sekolah bisa menguncang komite atau orang tua siswa untuk ikut serta menyaksikan anak-anak mereka dalam mengembangkan potensinya.

Sementara itu, Kepala SMPN 26 Bandar Lampung Sunarto mengatakan acara ini menampilkan hasil dari pembelajaran siswa selama melaksanakan P5 bertema Bhinneka Tunggal Ika. Dalam prosesnya, ucapnya, siswa dididik untuk mampu menerapkan nilai Pancasila dalam pembelajaran maupun keseharian mereka.

Dok. SMPN 26 Bandar Lampung

“Gelar karya ini menunjukkan hasil dari beberapa pertemuan siswa dalam proyek P5.  Acara ini bertujuan untuk menamankan nilai-nilai yang tersurat maupun yang tersirat dalam Pancasila, seperti kemandirian, gotong royong, bertakwa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, kreatif dan bernalar kritis,” kata Sunarto.

Acara tersebut diikuti oleh seluruh siswa SMPN 26 Bandar Lampung, baik kelas VII, VIII, maupun kelas IX. Kegiatan berlangsung meriah dengan penampilan tari-tarian adat, seperti tari tor-tor, saman, indang, sigeh penguten, bedana, zapin Melayu, kecak, manuk dadali, yamko rambe yamko, dan lain-lain. Selain tari daerah, ada juga kelompok siswa yang menampilkan drama dan puisi bertema nasionalisme.

Dok. SMPN 26 Bandar Lampung

Koordinator P5 SMPN 26 Bandar Lampung, Rosita, juga mengapresiasi penampilan anak didik yang sudah berupaya menunjukkan yang terbaik untuk acara ini. Dia pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu menyukseskan Gelar Karya P5 ini.

“Masya Allah, saya bangga dan puas dengan anak-anak yang sudah menampilkan hasil belajar mereka. Terima kasih atas kerja sama seluruh warga sekolah yang sudah terlibat dan menysukseskan pembelajaran P5,” ucap Rosita. (*)