Kabar Bursa Sepekan: 4 Perusahaan IPO hingga Penerbitan 3 Obligasi

2022-07-10T09:43:43.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Yunike Purnama

Ilustrasi logo Bursa Efek Indonesia (BEI)
Ilustrasi logo Bursa Efek Indonesia (BEI)

BANDARLAMPUNG - Bursa Efek Indonesia (BEI) diwarnai beragam aksi korporasi pada pekan ini. Tercatat sejumlah perusahaan melaksanakan initial public offering (IPO) hingga penerbitan obligasi, sukuk, dan waran.

Pada Rabu, 6 Juli 2022 BEI mencatat penerbitan Obligasi Berkelanjutan III Global Mediacom Tahap I Tahun 2022 dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan III Global Mediacom Tahap I Tahun 2022 yang diterbitkan oleh PT Global Mediacom Tbk. Nilai nominal obligasi sebesar Rp700 M dan Sukuk sebesar Rp500 M.

Hasil pemeringkatan PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) untuk Obligasi adalah idA+ (Single A Plus) dan untuk Sukuk adalah idA+(sy) (Single A Plus Syariah).

"Yang bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk" tulis BEI melalui pernyataan resminya yang dikutip oleh MPI, Minggu, 10 Juli 2022.

BEI juga mencatatkan Obligasi Berkelanjutan II Bussan Auto Finance Tahap I Tahun 2022 yang diterbitkan oleh PT Bussan Auto Finance (BAFI) dengan nilai nominal sebesar Rp100 M.

Hasil pemeringkatan PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch) untuk Obligasi ini adalah AAA(idn) (Triple A) dan bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Pada Kamis, 7 Juli 2022 terdapat penerbitan Obligasi Berkelanjutan IV SMART Tahap I Tahun 2022 oleh PT Sinas Mas Agro Resources and Technology Tbk dengan nilai nominal sebesar Rp1,5 M.

Hasil pemeringkatan Pefindo untuk Obligasi ini adalah idAA- (Double A Minus) dan bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Mega Tbk.

Selain itu, penerbitan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Mandala Multifinance Tahap II Tahun 2022 oleh PT Mandala Multifinance Tbk resmi dicatatkan di BEI dengan nilai nominal Rp650 Miliar.

Hasil pemeringkatan Pefindo untuk Sukuk Mudharabah ini adalah idA(sy) (Single A Syariah) dan bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Pada hari yang sama, PT Saraswanti Indoland Development Tbk (SWID) IPO dengan mencatatkan saham dan waran di papan Pengembangan BEI. SWID menjadi perusahaan tercatat ke-22 pada tahun 2022 di BEI.

SWID bergerak pada sektor dan sub sektor Properties & Real Estate. Adapun Industri SWID adalah Real Estate Management & Development dengan sub industri Real Estate Development & Management

Pada Jumat, 8 Juli 2022 BEI resmi mencatatkan 3 perusahaan baru yakni PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU) yang bergerak pada sektor Consumer Non-Cyclicals dengan sub sektor Food & Beverage, PT Chemstar Indonesia Tbk (CHEM) yang bergerak pada sektor dan sub sektor Basic Materials, dan PT Arkoya Hydro Tbk (ARKO) yang bergerak pada sektor Infrastructures dengan sub sektor Utilities.

Total emisi Obligasi dan Sukuk yang sudah tercatat sepanjang tahun ini mencapai 59 Emisi dari 45 Emiten senilai Rp72,85 triliun. Dengan pencatatan tersebut maka total emisi Obligasi dan Sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 497 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp440,92 triliun dan USD47,5 juta, diterbitkan oleh 122 Emiten.

Sementara itu, Surat Berharga Negara (SBN) berjumlah 156 seri dengan nilai nominal Rp4.869,95 triliun dan USD211,84 juta. Adapun, Efek Beragun Aset (EBA) sebanyak 10 emisi senilai Rp4,03 triliun. (*)