YouTube Rilis Fitur Baru Mudahkan Jelajahi Lagu Baru

Yunike Purnama - Kamis, 17 Agustus 2023 08:52
YouTube Rilis Fitur Baru Mudahkan Jelajahi Lagu BaruYouTube Music baru saja memperkenalkan fitur atau tab baru yang disebut Samples atau Sampel. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - YouTube Music baru saja memperkenalkan fitur atau tab baru yang disebut Samples atau Sampel. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi adanya lagu atau musik baru atau menemukan sesuatu yang baru yang mungkin akan disukai.

Tab fitur Samples tersebut akan menampilkan musik berbasis video yang telah dipersonalisasi sehingga pengguna dapat menjelajahi berbagai hal baru dalam musik. Fitur ini juga disebut mirip dengan apa yang ditawarkan oleh TikTok, tapi YouTube diketahui telah memasukkan video pendek dengan musik.

Fitur Sampel atau Samples dari YouTube Music

Tab Samples akan berada di antara tab Home atau Beranda dan Explore atau Jelajahi. Tab tersebut akan menyediakan berbagai jenis video musik pendek sehingga pengguna YouTube Music dapat mengeksplorasi berbagai konten musik sama seperti kita scroll konten video di Reels Instagram.

Akan tetapi, video yang disaksikan pengguna di fitur Samples ini bukan merupakan video pendek dari YouTube. Menurut 9to5Google, video pendek di YouTube Music adalah video musik yang telah dipotong secara vertikal dan ditambahkan konten tertentu yang diunggah langsung oleh artis atau penyanyinya.

Tab Samples baru ini akan menyediakan berbagai konten musik yang telah dipersonalisasi dengan konten musik yang mungkin diminati oleh pengguna atau genre yang paling sering mereka dengarkan. Jika pengguna menyukai genre atau lagu tertentu, maka mereka dapat memainkan versi lengkap dari lagu tersebut atau langsung menonton video musiknya. Selain itu, pengguna juga dapat langsung menambahkan lagu tersebut ke playlist mereka.

Tab Samples ini tampaknya akan membawa keberuntungan yang besar bagi YouTube karena aplikasi tersebut akan menyediakan berbagai konten langsung di satu tempat. Selain itu, YouTube juga tidak membuat pengalaman pengguna jadi terbatas yang membuat mereka untuk pindah ke aplikasi yang berbeda untuk menjelajahi lagu, menonton video musik, mendengarkan podcast dan sebagainya.

Pengguna bisa menemukan semua jenis konten musik ini di satu tempat, yaitu YouTube. Akan tetapi, tampaknya YouTube masih menghadapi persaingan yang ketat dengan TikTok dan Spotify. Meskipun fitur Samples ini memiliki kemiripan dengan fitur yang ditawarkan oleh TikTok, fitur ini tetap memiliki sentuhan yang unik karena menyediakan bagian terbaik dari setiap lagu sehingga akan menggoda pengguna untuk mendengarkan lagu secara lengkap.(*)

Editor: Redaksi
Tags fitur baruyoutube Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS