Wow! Pisang Goreng Indonesia jadi Dessert Terbaik di Dunia

Yunike Purnama - Jumat, 17 Februari 2023 05:49
Wow! Pisang Goreng Indonesia jadi Dessert Terbaik di DuniaTernyata pisang goreng Indonesia justru dinobatkan jadi makanan penutup (dessert) terbaik di dunia, menurut Taste Atlas. (sumber: Freepik )

BANDAR LAMPUNG - Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pisang goreng. Pisang goreng adalah salah satu makanan atau snack yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ternyata pisang goreng Indonesia justru dinobatkan jadi makanan penutup (dessert) terbaik di dunia, menurut Taste Atlas.

Pisang goreng memperoleh skor tertinggi pada kategori Best Deep-Fried Desserts in the World yaitu 4,60. Posisi berikutnya diduduki oleh Quarkballchen asal Jerman, Pastelitos Criollos asal Argentina, dan Fouskakia dari Yunani dengan skor masing-masing 4,50.

Pisang goreng adalah jajanan sehari-hari yang umum disantap oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia serta sering dijual di warung pinggir jalan dan termasuk kelompok hidangan gorengan. Pisang goreng juga muncul dengan nama yang berbeda seperti godoh biu di Bali atau gedhang goreng di Jawa.

Pisang goreng terbuat dari buah pisang raja yang biasanya dilumuri adonan campuran tepung, telur, dan mentega lalu digoreng secara deep fried. Selain itu ada juga variasi pisang goreng yang dibuat lebih rumit dengan taburan gula halus, kayu manis, cokelat, atau diberi selai atau es krim.

Hidangan berbahan dasar pisang serupa juga kerap ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Kalori dalam Pisang Goreng

Meski populer dan dinobatkan sebagai dessert terbaik di dunia, Anda juga perlu tetap waspada dengan kalori yang terdapat pada pisang goreng.

Seperti yang dilansir dari laman Fatsecret Indonesia di dalam satu porsi pisang goreng mengandung 68 kalori, 3,58 gram lemak, 9,74 gram karbohidrat, dan 0,4 gram protein.

Oleh karena itu jika Anda sedang dalam diet atau perlu mengurangi gorengan, Anda juga tidak perlu mengonsumsi dessert terbaik di dunia yaitu pisang goreng ini terlalu banyak. (*)

Editor: Redaksi
Tags Pisang GorengBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS