WhatsApp Web Tidak Bisa Digunakan? Ikuti Langkah Berikut

Yunike Purnama - Selasa, 08 Maret 2022 13:45
WhatsApp Web Tidak Bisa Digunakan? Ikuti Langkah BerikutTiga alasan WhatsApp Web terputus koneksi. (sumber: Unsplash)

BANDARLAMPUNG - WhatsApp Web atau Desktop terkadang memang sulit terhubung dengan aplikasi di ponsel, ternyata ada tiga alasan kenapa hal itu bisa terjadi.

Dilansir dari keterangan resmi WhatsApp, Selasa, 8 Maret 2022. Jika Anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan di WhatsApp Web atau Desktop, hal itu mungkin disebabkan oleh masalah koneksi ponsel, komputer, atau Wi-Fi.

Koneksi Ponsel

Bila Anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan di WhatsApp dari telepon, Anda tidak akan dapat menggunakan WhatsApp Web atau Desktop. Untuk menguji koneksi Internet telepon Anda:

- Buka WhatsApp pada telepon Anda dan cobalah untuk mengirim pesan.

- Jika Anda dapat mengirim pesan WhatsApp dari telepon, coba gunakan WhatsApp Web atau Desktop lagi.

- Kalau Anda masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan, kemungkinan ada masalah koneksi pada komputer Anda.

Koneksi Laptop atau PC

Anda harus memiliki koneksi Internet yang kuat dan stabil untuk menggunakan WhatsApp Web atau Desktop. Untuk menguji koneksi Internet laptop atau PC Anda:

- Buka WhatsApp Web atau Desktop. Jika Anda melihat spanduk kuning berisi pesan kesalahan Komputer tidak terhubung, periksa dan pastikan bahwa koneksi Internet komputer Anda aktif.

- Jika koneksi Internet pada komputer bekerja secara normal dan Anda tetap tidak dapat mengirim atau menerima pesan, silakan muat ulang halaman jika Anda menggunakan WhatsApp Web, atau keluar dan mulai ulang aplikasi jika menggunakan WhatsApp Desktop.

- Andai masalah terus berlanjut, cobalah untuk keluar, lalu masuk kembali ke WhatsApp Web atau Desktop. Anda dapat mempelajari cara melakukannya di artikel ini.

Ingatlah, untuk menggunakan WhatsApp Web, Anda harus menggunakan Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Opera, atau Safari versi terbaru. Browser lainnya seperti Internet Explorer tidak didukung.

Koneksi Wi-Fi

Jika Anda menggunakan jaringan Wi-Fi yang dikelola, seperti di kantor, perpustakaan, atau kampus universitas, jaringan tersebut mungkin disetel untuk memblokir atau membatasi koneksi ke WhatsApp Web.

Bila Anda mendapat notifikasi bahwa Anda berada di jaringan Wi-Fi yang menghalangi WhatsApp Web bekerja dengan benar, harap pastikan jaringan Anda disetel untuk mengizinkan lalu lintas ke "web.whatsapp.com", ".web.whatsapp.com ", atau ".whatsapp.net".(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS