WeLab bersama Astra Financial Masuk Bisnis Bank Digital

Yunike Purnama - Jumat, 14 Oktober 2022 14:13
WeLab bersama Astra Financial Masuk Bisnis Bank DigitalKolaborasi dua perusahaan finansial ini akan mengandalkan ekosistem Astra Group untuk masuk ke bisnis bank digital (sumber: WeLab)

JAKARTA - Industri bank digital kembali kedatangan pemain baru. WeLab bersama Astra Financial misalnya, tahun depan akan merilis bank digital terbaru setelah sukses mengakusisi Bank Jasa Jakarta.

Kolaborasi dua perusahaan finansial ini akan mengandalkan ekosistem Astra Group untuk masuk ke bisnis bank digital. Founder dan Group CEO WeLab Simon Loong berkata, pihaknya tengah mempersiapkan produk dan layanan yang unik untuk menyasar segmen anak muda melek teknologi.

"Jadi kami bekerja sama dengan mereka (Astra) untuk mengidentifikasi peluang. Pada saat yang sama kami menjajaki kerja sama dengan mitra lain untuk melihat bagaimana kami dapat bekerja sama dengan lebih lagi," kata Simon dalam keterangan resmi dikutip Jumat, 14 Oktober 2022.

Sebelumnya, Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro menyebut WeLab dan Astra adalah mitra lama dalam ekosistem fintech Indonesia. Pembentukan bank digital merupakan kemitraan kedua sejak pembentukan fintech lending joint venture, PT Astra WeLab Digital Arta (AWDA) pada 2018.

"Kekuatan pelengkap para mitra, termasuk pengetahuan dan teknologi WeLab dalam membangun dan menjadi operator di perbankan digital, bersama dengan ekosistem dan pengalaman bisnis Astra yang solid serta jaringan distribusi yang luas," terangnya.

Menurutnya, ini merupakan faktor kunci sukses dalam sinergisitas untuk mendorong transformasi digital Bank Jasa Jakarta menjadi bank digital inovatif dalam melayani kebutuhan keuangan digital masyarakat dengan akses yang mudah diakses dan inovatif.

Seperti diketahui, Astra Group memiliki 240 anak perusahaan, usaha patungan, dan perusahaan asosiasi. Model bisnis perusahaan terdiversifikasi dari otomotif, jasa keuangan, alat berat, infrastruktur, konstruksi pertambangan dan energi, agribisnis dan logistik.

WeLab sendiri telah beroperasi di tiga pasar dengan berbagai merek, termasuk WeLend, dan WeLab Bank di Hong Kong, berbagai lini bisnis di Cina Daratan, Maucash, dan bank digital di Indonesia.

Group keuangan ini telah memiliki lebih dari 55 juta pengguna dengan total pinjaman yang disalurkan mencapai US$ 12 miliar. Perusahaan juga menggandeng lebih dari 700 pelanggan perusahaan melalui kerja sama bisnis ke bisnis (B2B).

Dilansir dari SCMP, WeLab bersama Astra Financial telah menggelontokan dana US$ 509,6 juta untuk mengakusisi Bank Jasa Jakarta. Kedua perusahaan tersebut menggenggam masing - masing 49,56% saham bank komersil ini.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS