Tak Hanya Hiburan, 4 Dampak Positif dari Hobi Menonton Film

Yunike Purnama - Minggu, 09 Oktober 2022 10:10
Tak Hanya Hiburan, 4 Dampak Positif dari Hobi Menonton FilmSelain menghibur, ternyata menonton film juga memberikan sisi positif yang lainnya. Lantas, apa saja manfaat baik tersebut? (sumber: Shutterstock )

BANDAR LAMPUNG - Menonton film merupakan kegiatan yang seru dan menyenangkan. Apalagi ditambah pandemik yang saat ini sedang terjadi, membuat waktu luang semakin banyak di rumah dan menjadikan aktivitas menonton semakin digandrungi. Meskipun sering dibuat lupa waktu, nyatanya kegiatan ini memiliki segudang manfaat yang baik, lho.

Salah satu dampak positif yang bisa dirasakan saat menonton adalah memberikan hiburan. Namun, selain menghibur, ternyata menonton film juga memberikan sisi positif yang lainnya. Lantas, apa saja manfaat baik tersebut?

1. Film Dapat Jadi Pelajaran Hidup

Film merupakan perwujudan dari ide atau pemikiran sang penulis dan sutradara. Di dalamnya, biasa mengangkat permasalahan seputar kehidupan dan terkadang menyelipkan pesan moral yang dapat dipelajari. Genre dari film ini juga beragam. Sehingga pelajaran yang dapat dipetik juga bisa sangat bervariasi.

Dengan menonton film yang berkisahkan berbagai cerita ini, kamu bisa mengetahui dan paham seperti apa konflik dan solusi yang ada di dalamnya. Misalnya saja bagaimana cara mencintai seseorang, memperjuangkan keutuhan keluarga, mengikhlaskan kepergian orang tersayang, dan bahkan memahami artinya penyesalan.

2. Film Dapat Mengasah Bahasa Asing

Maraknya film luar negeri ternyata memberikan manfaat yang baik bagi perkembangan bahasa asing. Dengan menonton berbagai film tersebut, kemampuan bahasa lebih bisa diasah, sehingga bisa menjadi lebih baik. Misalnya saja, dengan menonton film Hollywood, maka dapat membantu memahami Bahasa Inggris. Begitu pula dengan film dari negara lainnya.

Kemampuan bahasa yang dapat berprogres bisa berupa pendengaran, kosa kata, pengucapan, dan bahkan membaca. Jika sering melakukan kegiatan ini, maka setiap kata atau kalimat bisa perlahan-lahan melekat di dalam otak. Sehingga, kemampuan berbahasa asing mampu selangkah naik level.

3. Film Dapat Membuka Pikiran Lebih Terbuka

Menonton film faktanya juga bisa membuat pikiran lebih terbuka. Dengan banyaknya hal yang disuguhkan, otomatis pola pikir bisa lebih mengekspos sesuatu yang baru. Sehingga, perbedaan-perbedaan yang dilihat bisa diterima dengan baik pula.

Contoh yang bisa diambil dari aspek ini misalnya saat sedang menonton film survival. Dalam genre seperti ini, biasanya hal-hal sepele yang sering diabaikan sering membawa malapetaka. Namun setelah menontonnya, pikiran pun bisa lebih sadar akan sesuatu yang kecil, tetapi bisa memberikan dampak yang tak terduga.

4. Film Dapat Berikan Pengalaman Baru

Banyak sekali film yang mengangkat isu penting seperti kesehatan, pendidikan, dan politik. Biasanya permasalahan tersebut bisa ditemukan pada film yang bertemakan kedokteran, sekolah, ataupun pemerintahan. Bahkan isu seputar kehidupan sehari-hari sebagai masyarakat juga tak luput untuk dimasukkan ke dalamnya

Adanya berbagai film ini, tentu akan memberikan pengetahuan yang baru dan bermanfaat. Dari yang awalnya tak tahu menjadi mengetahui hal tersebut setelah menonton. Meski pengetahuan yang diberikan bersifat umum, namun sesuatu seperti ini juga tetap bisa memberikan manfaat yang baik.

Itulah beberapa manfaat baik yang bisa didapatkan dari menonton film. Tentunya memilih suatu film juga harus bijak agar tak salah dan terpengaruh sisi buruknya. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS