Volume Transaksi Kartu Kredit Bank Mandiri Melesat Lebih dari 32%

Yunike Purnama - Senin, 09 Januari 2023 06:05
Volume Transaksi Kartu Kredit Bank Mandiri Melesat Lebih dari 32%Ilustrasi penggunaan aplikasi Livin by Mandiri. (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia)

JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) berhasil mencatatkan pertumbuhan transaksi. Hal ini terlihat dari pertumbuhan volume transaksi Mandiri Kartu Kredit di atas 32% yoy pada Desember 2022.

SVP Credit Card Group Bank Mandiri Erin Young bilang, peningkatan juga terjadi pada jumlah transaksi Mandiri Kredit yang mencapai 43 juta transaksi hingga Desember 2022.

"Peningkatan transaksi tersebut menunjukkan jumlah transaksi sudah kembali ke kondisi normal sebelum pandemi. Hal ini terutama didorong oleh peningkatan transaksi card present dampak mobilitas masyarakat yang sudah kembali normal," kata Erin dalam keterangan resmi dikutip Senin, 9 Januari 2023.

Selain itu, transaksi dari travel related merchant seperti penerbangan, hotel, restoran, dan agen perjalanan secara daring juga meningkat signifikan, begitu juga transaksi internasional.

Dengan realisasi tersebut, bank pelat merah ini optimistis transaksi kartu kredit akan terus tumbuh tahun ini. Hal ini ditopang oleh kebijakan Bank Indonesia (BI) dengan memberikan stimulus berupa perpanjangan relaksasi kartu kredit.

"Kebijakan tersebut akan mampu menggairahkan bisnis kartu kredit di tahun 2023. Kami meyakini, kebijakan ini dapat mendorong nasabah meningkatkan jumlah transaksi Mandiri Kredit,” terangnya.  

Apalagi, kebijakan relaksasi ini berlaku secara inklusif, artinya seluruh nasabah pemegang Mandiri Kartu Kredit pun dapat menikmati manfaat kebijakan bank sentral tersebut. Ada beberapa sektor potensial yang mendorong pertumbuhan transaksi kartu kredit yakni makanan atau minuman, perjalanan dan utilities.

"Faktor ini juga didukung dengan dicabutnya kebijakan pemberlakuan pembatan kegiatan masyarakat (PPKM) pada akhir tahun 2022 lalu oleh pemerintah," terangnya.

Dalam menangkap peluang tersebut, Bank Mandiri telah berinovasi dengan mensinergikan layanan Mandiri Kartu Kredit di Super App Livin’ by Mandiri. Terbaru, Bank Mandiri menambahkan fitur Power Cash atau tarik tunai dari kartu kredit untuk nasabah terpilih serta pembayaran QRIS dengan sumber dana kartu kredit melalui Livin’ by Mandiri.

Erin mengatakan, penambahan fitur ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan transaksi dan finansial nasabah serta melengkapi kemudahan aplikasi andalan perseroan. Lewat inovasi ini, nasabah dapat dengan mudah mengelola kartu kredit secara langsung dari aplikasi.

“Bank Mandiri selalu tanggap terhadap perkembangan kebutuhan nasabah akan solusi perbankan yang bisa langsung memudahkan keseharian nasabah,” pungkasnya. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS