Untung Besar, Berikut Cara Memulai Bisnis Hampers yang Bisa Dicoba

Yunike Purnama - Kamis, 28 April 2022 12:35
Untung Besar, Berikut Cara Memulai Bisnis Hampers yang Bisa DicobaIlustrasi bisnis hampers. (sumber: Shutterstock)

BANDARLAMPUNG - Ada beberapa cara memulai bisnis hampers yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan keuntungan yang besar. Belakangan ini, bisnis hampers memang sedang naik daun. Hampers merupakan sekumpulan produk yang dibungkus dalam keranjang untuk diberikan kepada seseorang.

Biasanya, hadiah hampers diberikan di saat momen tertentu seperti hari raya dan acara spesial lainnya. Selain menyiapkan produk utama yang akan dijual, Anda juga perlu mempersiapkan berbagai hal lain seperti kemasan yang unik dan menarik.

Lantas, bagaimana cara memulai bisnis hampers yang bisa Anda lakukan? Kabarsiger merangkumnya sebagai berikut. Yuk, simak!

1. Tentukan Kategori Hampers

Cara memulai bisnis hampers yang pertama adalah menentukan kategori hampers. Agar produk hampers Anda lebih tertarget, Anda harus menentukan kategori hampers yang akan Anda jual. Ada beberapa kategori hampers yang bisa Anda jadikan produk bisnis Anda seperti hampers sembako, kue kering, skincare dan kosmetik, pakaian, alat ibadah, cokelat, tableware, dan lain sebagainya. Anda juga harus menyesuaikan jenis, jumlah, ukuran, serta harga dari produk hampers Anda. Dengan demikian, konsumen dapat memilih hampers Anda sesuai kebutuhan mereka.

2. Siapkan Modal

Dalam bisnis apapun, modal adalah hal utama yang harus dipersiapkan dengan baik. Besar kecilnya modal bergantung pada seberapa banyak variasi produk hampers Anda. Anda bisa menggunakan perhitungan kasar dengan perkiraan modal Rp100-200 ribu per hampers. Kemudian hitung total hampers yang akan dijual dan margin keuntungan yang ingin Anda dapatkan.

3. Tentukan Vendor yang Terpercaya

Anda perlu mencari vendor yang terpercaya, berkualitas, dan menyediakan berbagai produk lengkap sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Umumnya, harga produk dari vendor juga lebih murah dibanding harga ritel dan pasaran. Tak hanya memiliki harga yang murah, vendor juga dapat memudahkan Anda dalam menyediakan kebutuhan untuk jualan.

4. Buatlah Kemasan Hampers yang Menarik

Yang menarik dari sebuah hampers adalah berbagai produk dikemas secara apik. Nilai hampers terletak pada kemasannya yang tampak cantik dan menarik. Sebab, produk yang dibungkus sebenarnya adalah produk biasa yang bisa dibeli atau didapatkan di pasaran. Namun, ketika telah dikemas sedemikian rupa menjadi hampers, nilai jualnya akan meningkat. Oleh karena itu, hal yang sangat penting dalam bisnis hampers adalah membuat kemasannya semenarik mungkin.

5. Tawarkan Pesanan Hampers Custom

Tak hanya menyiapkan produk hampers yang sudah Anda tentukan sendiri, Anda juga bisa menawarkan produk hampers custom yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Anda bisa menawarkan produk hampers custom ini melalui sistem pre order (PO).

6. Siapkan Berbagai Varian Hampers

Anda bisa memanfaatkan momen-momen spesial untuk menyediakan berbagai varian hampers. Sebab, hampers biasanya dijadikan bingkisan spesial untuk hari-hari bermakna bagi konsumen. Anda bisa menyediakan hampers seperti hampers Ramadan, hampers Lebaran, hampers ulang tahun, hampers untuk menjenguk orang sakit, hampers untuk ungkapan selamat atas keberhasilan, dan lain sebagainya.

7. Memaksimalkan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran sangat penting bagi keberhasilan sebuah bisnis. Dengan memaksimalkan strategi pemasaran, Anda juga dapat memaksimalkan penjualan hampers Anda. Gunakan berbagai media sosial sebagai sarana pemasaran yang efektif dan dapat menjangkau pelanggan secara luas. Selain itu, Anda juga bisa memasarkan kepada orang terdekat sebagai langkah awal.

8. Bergabung di Ecommerce

Bergabung di media e-commerce juga bisa menjadi langkah yang baik dalam memasarkan produk hampers Anda secara online. Ini memudahkan konsumen untuk mengakses dan membeli produk-produk hampers Anda. Ecommerce juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan pelanggan yang beragam sehingga produk Anda bisa lebih dikenal secara luas.

9. Berikan Promo Harga yang Menarik

Agar konsumen semakin tertarik terhadap produk hampers Anda, Anda bisa menawarkan berbagai promo dan diskon yang menarik. Anda bisa menawarkan promo voucher diskon, cashback bagi pelanggan baru, potongan harga, paket bundling, giveaway, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara memulai bisnis hampers yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Apakah Anda tertarik memulai bisnis hampers ini?(*)

Editor: Yunike Purnama
Tags Bisnis HampersBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS