UKM Bisa Dapat Modal Usaha Lewat Securities Crowdfunding, Cek Syaratnya

Yunike Purnama - Selasa, 14 Februari 2023 13:23
UKM Bisa Dapat Modal Usaha Lewat Securities Crowdfunding, Cek SyaratnyaKementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) terus melakukan perluasan akses pendanaan bagi UKM melalui penerbitan surat berharga pada Securities Crowdfunding (SCF). (sumber: Pexels)

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) terus melakukan perluasan akses pendanaan bagi UKM melalui penerbitan surat berharga pada Securities Crowdfunding (SCF).

Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM Deputi Bidang UKM KemenKopUKM Temmy Satya Permana, mengatakan untuk merealisasikan langkah itu, KemenKopUKM melakukan pembahasan bersama Asosiasi Layanan Urunan Dana Indonesia (ALUDI) dan 13 SCF.

KemenKopUKM mengajak ALUDI dan anggotanya untuk dapat bersama-sama menyusun instrumen pembiayaan bagi UKM berupa Surat Utang Kolektif. Surat Utang ini diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan bagi UKM untuk memperoleh pembiayaan jangka menengah.

"Dari pembahasan yang dilakukan bersama dengan ALUDI dan 13 SCF pada beberapa hari lalu, mereka tertarik dengan rencana penerbitan surat utang kolektif yang akan dilakukan oleh UKM, terutama karena adanya investor yang berasal dari institusi sebagai standby buyer sehingga surat utang kolektif yang diterbitkan kemungkinan dapat terjual dengan baik," kata Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM Deputi Bidang UKM KemenKopUKM Temmy Satya Permana di Jakarta, dikutip Selasa, 14 Februari 2023.

Temmy menjelaskan, untuk mendorong penerbitan surat utang kolektif, pihaknya akan melakukan open call. Nantinya, calon UKM yang berminat menerbitkan surat utang kolektif ini akan diminta untuk mendaftar.

Selanjutnya, KemenKopUKM akan melakukan verifikasi dan kurasi UKM yang selanjutnya UKM tersebut akan diajukan untuk dapat menjadi calon penerbit surat utang kolektif pada SCF. (*)

Editor: Redaksi
Tags KemenkopukmBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS