UIN Raden Intan Lampung Jalin Kerja Sama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia

Eva Pardiana - Rabu, 14 Juni 2023 18:31
UIN Raden Intan Lampung Jalin Kerja Sama dengan Universitas Kebangsaan MalaysiaPenandatanganan LoI dilakukan oleh Rektor dengan Dean Faculty of Islamic Studies atau Dekan Fakulti Pengajian Islam (FPI), Assoc Prof Dr Ahmad Sunawari Long di kampus setempat, Senin (12/6/2023). (sumber: Dok. UIN RIL)

SELANGOR – Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Wan Jamaluddin Z, Ph.D, melakukan lawatan ke Malaysia. Salah satunya adalah melakukan kerjasama penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Lawatan rombongan Rektor ke Negeri Jiran tersebut bagian dari program UIN Raden Intan Lampung yang bervisi sebagai kampus hijau kelas dunia atau world class university (WCU).

Penandatanganan LoI dilakukan oleh Rektor dengan Dean Faculty of Islamic Studies atau Dekan Fakulti Pengajian Islam (FPI), Assoc Prof Dr Ahmad Sunawari Long di kampus setempat, Senin (12/6/2023). LoI berisi ketertarikan masing-masing pihak untuk melakukan kerjasama dalam hal, Join Research Project, Publication, Joint International Conferences/ Workshop, Exchange Students/ Internship, dan Other related activity.

Prof Wan, dalam pemaparannya mengatakan, UKM merupakan perguruan tinggi yang sudah lama memiliki nama baik dan jangkauan kerjasama yang cukup banyak. Menurutnya, UKM juga sudah didesain sejak awal menjadi green campus hingga saat ini.

“UKM adalah kampus besar. Begitu juga dengan UIN yang memiliki visi sebagai kampus hijau yang posisinya terus meningkat sebagai green campus dari UI Green Metric,” kata rektor.

Lebih lanjut Rektor menerangkan tentang visi dan misi, profil, serta prestasi-prestasi yang dicapai UIN Raden Intan Lampung. Untuk diketahui, beberapa hari ke depan Rektor Prof Wan akan mengikuti gelaran 9th International Workshop on UI Green Metric World University Rankings di University of Minho, Portugal.

Rombongan UIN RIL saat melakukan kunjungan di Fakulti Pengajian Islam UKM. Dekan FPI, Prof Ahmad menyambut baik kehadiran Rektor UIN RIL dan rombongan untuk melaksanakan kerjasama dengan UIN Raden Intan Lampung sebagai kampus yang mempunyai prestasi yang membanggakan.

Dia berharap kehadiran tersebut sebagai permulaan yang baik dan tentunya akan ditindaklanjuti dalam bentuk nyata. Dalam kesempatan tersebut juga ia mengungkapkan UKM adalah kampus yang mengkaji keilmuan Islam seperti Falsafah Islam, Pengajian Alquran, Hadis, Filsafat Agama dan juga Politik Islam.

Penandatanganan Letter of Intent ini bukan hanya sekedar penandatanganan dokumen belaka, melainkan juga penyusunan rencana kerja terkait partnership UKM dengan UIN Raden Intan Lampung yaitu antara FPI dengan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) serta Pascasarjana UIN RIL dengan Institut Alam dan Tamadun Melayu (ATMA) UKM yang akan dilakukan setelah penandatanganan LoI ini.

Rombongan yang membersamai Rektor UIN RIL adalah Pascasarjana dan FUSA UIN RIL. Rombongan Pascasarjana terdiri dari Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua Prodi (Kaprodi) S2 Ekonomi Syariah, Kaprodi S2 Pendidikan Agama Islam, dan Kasubbag TU Pascasarjana. Sedangkan dari FUSA yaitu Dekan FUSA, Wakil Dekan, Kaprodi, Sekprodi dan sejumlah dosen.

Usai penandatanganan, dilanjutkan dengan kegiatan Visiting Lecture oleh masing-masing rombongan. Rektor beserta rombongan Pascasarjana melakukan pengajaran di Institut Alam dan Tamadun Melayu (ATMA) UKM, sementara FUSA melakukan kegiatan yang sama di FPI UKM. (*)

RELATED NEWS