Tujuh Makanan Termahal di Dunia, Ada dari Indonesia Juga

Eva Pardiana - Rabu, 05 Januari 2022 14:58
Tujuh Makanan Termahal di Dunia, Ada dari Indonesia JugaKopi luwak merupakan salah satu jenis makanan yang masuk dalam kategori termahal di dunia. (sumber: TrenAsia)

BANDARLAMPUNG – Bagi sebagian orang, makanan tidak hanya sekadar sumber energi dan penghilang lapar. Ada yang menganggap kualitas dan harga makanan yang dikonsumsi sebagai simbol kesejahteraan.

Oleh karena ini, ada sebagian orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk menikmati sebuah hidangan. Berikut beberapa makanan termahal di dunia, dua di antaranya diproduksi di Indonesia.

1. Jamur Matsutake

Jamur Matsutake merupakan jamur yang sangat langka dan harganya kini mencapai US$600 atau sekitar Rp8,5 juta (dengan asumsi kurs Rp14.242 per dolar AS) untuk satu kilogramnya. Jamur Matsutake berasal dari Jepang, tapi juga bisa tumbuh di beberapa negara di Asia. Akan tetapi, jamur ini jumlahnya semakin menurun karena serangga dan pohon. Karena tidak ada cara untuk membudidayakan jamur matsutake, ada kemungkinan besar jamur ini akan punah di masa depan.

2. Kaviar Albino

Satu kilogram kaviar albino ini dibanderol harga 8.500 euro atau sekitar Rp137 juta (dengan asumsi kurs Rp16.198 per euro). Harga kaviar ini sangat tinggi karena kaviar ini merupakan telur dari sturgeon albino yang sangat jarang diperoleh.

3. Saffron

Harga bumbu saffron per 1 kilogram ini berkisar dari US$400 sampai US$1000 atau sekitar Rp5,7 juta sampai Rp14 juta. Saffron hanya dapat tumbuh selama tujuh hari dalam setahun di musim gugur. Saffron dikumpulkan dan diproses dengan tangan, tapi untuk mengumpulkan 1 kg saffron saja, Anda perlu memetik sekitar 300.000 bunga.

4. Truffle Putih

Truffle putih ini dibanderol harga yang tinggi karena untuk mengumpulkan dan melestarikannya butuh metode khusus. Selain itu, truffle putih juga diklaim memiliki rasa dan aroma yang luar biasa. Di Eropa, 1 kilogram truffle putih dibanderol harga €2.000 atau sekitar Rp32 juta (dengan asumsi €1 senilai Rp16.198).

5. Keju Moose

Keju Moose merupakan salah satu keju termahal di dunia karena hanya diproduksi di satu tempat, yaitu di peternakan Moose House di Swedia. Untuk memproduksi keju Moose, perlukah susu rusa. Oleh karena itu, keju moose berwarna putih dan tampilannya seperti keju feta. Keju Moose dibandrol harga 1.000 euro atau sekitar Rp16 juta.

6. Ayam Cemani

Seperti yang dilansir dari laman Brightside, ayam Cemani merupakan ayam yang diternak di Indonesia dan tidak diekspor ke berbagai negara karena dikhawatirkan menularkan flu burung. Harga satu ayam ini sekitar US$200 atau sekitar Rp2,8 juta. Namun, di Indonesia ayam cemani bukan merupakan bahan masakan, sedangkan di China ayam hitam atau ayam silkie biasa diolah menjadi sup herbal.

7. Kopi Luwak

Kopi ini diproduksi di berbagai negara seperti Indonesia, Filipina dan India di bagian selatan. Kopi luwak merupakan kopi termahal di dunia. Harga kopi luwak per kilogram berfluktuasi antara US$250 sampai US$1.200 atau sekitar Rp3,6 juta sampai Rp17juta. (*)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 02 Jan 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS