Tips bagi Anda yang Mudik Pakai Mobil Pribadi

Eva Pardiana - Kamis, 28 April 2022 07:51
Tips bagi Anda yang Mudik Pakai Mobil Pribadi Ilustrasi mengendarai mobil (sumber: Brankas foto Trenasia/Pexels.com)

JAKARTA — Mudik adalah tradisi Indonesia sebelum Idulfitri masyarakat melakukan kegiatan pulang ke kampung halaman. Tujuan mudik yakni bertemu dengan sanak saudara untuk melepas rasa rindu yang terpendam cukup lama.

Biasanya, pada saat mudik, masyarakat banyak yang memilih menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dinilai efektif dan bisa menghemat uang karena harga tiket yang naik gila-gilaan. Nah, kali ini TrenAsia.com merangkum sejumlah persiapan mudik menggunakan mobil pribadi agar aman saat mudik Lebaran.

1. Pastikan Kondisi Mobil Prima

Hal pertama yang harus disiapkan saat menggunakan mobil pribadi yakni dengan mengecek seluruh komponen. Tujuannya agar perjalanan Anda jadi lebih nyaman dan kendaraan tidak rewel ketika dibawa.

Komponen yang wajib dicek sebelum melakukan perjalanan antara lain mengecek kondisi aki, memeriksa radiator agar mencegah mesin overheat, dan mengganti oli.

Selain itu, para pemudik juga perlu mengecek fitur keamanan mobil masing-masing agar nantinya bisa berfungsi dengan baik. Fitur keamanan pada mobil tersebut antara lain air bag dan sabuk pengaman (seat belt).

2. Jaga Kondisi Tubuh

Selain menjaga kesehatan mobil Anda, pastikan kondisi tubuh juga tetap prima. Sebelum perjalanan mudik, sebaiknya Anda melakukan istirahat cukup dengan tidur minimal enam sampai delapan jam sehari sebelum mudik, makan makanan bergizi, dan minum suplemen demi menjaga kondisi badan.

Hal lain yang harus diperhatikan juga saat melakukan perjalanan mudik, yakni dengan mengusahakan untuk melakukan tidur singkat setelah berkendara dua sampai empat jam. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih segar sehingga fokus mengendarai kendaraan pun kembali meningkat. 

3. Tidak Membawa Barang Berlebihan

Setiap pemudik tentunya ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Tidak sedikit masyarakat yang membawa barang bawaan sampai ke atap mobil. Namun, hal ini bisa jadi mengganggu keseimbangan mobil Anda sehingga mobil jadi mudah oleng dan susah dikendalikan. 

Selain itu, mobil dengan muatan yang berlebihan bisa mengakibatkan boros bahan bakar. Hal ini karena membawa barang berlebih akan menguras tenaga penggerak mobil, sehingga bahan bakar jadi lebih boros.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan mudik menggunakan mobil pribadi sebaiknya pilih barang bawaan yang diperlukan saja. Jika dirasa mobil sudah tidak cukup, Anda bisa mengirimkan sisa barang lewat jasa ekspedisi.

4. Rencanakan Rute yang akan Dilalui

Langkah selanjutnya yakni merencanakan rute yang akan dilalui. Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya Anda membuat rute perjalanan yang akan dipilih. Misalnya, memilih jalan tol yang praktis bebas hambatan dan jalan alternatif untuk menghindari macet.

Tidak lupa juga sebaiknya Anda harus menentukan kapan Anda akan berhenti di beberapa rest area untuk beristirahat sejenak dalam perjalanan.

5. Melakukan Vaksinasi

Sebelum pergi ke kampung halaman, pastikan Anda sudah memenuhi anjuran pemerintah untuk melakukan vaksinasi dosis lengkap. Bagi Anda yang belum melakukan vaksinasi sebaiknya jangan ditunda. Sebab, setelah melakukan vaksin ada efek dari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), seperti lemas atau demam.

Selain melakukan vaksinasi, persiapan yang masih harus dilakukan yaitu membawa perlengkapan protokol kesehatan perjalanan, seperti hand sanitizer, tisu antiseptik, semprotan disinfektan, obat-obatan, masker tambahan, dan sebagainya. (*) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Desi Kurnia Damayanti pada 28 Apr 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS