Tips 5 Cara Ini Buat Kamu Menjadi Karismatik

Yunike Purnama - Jumat, 27 Januari 2023 10:06
Tips 5 Cara Ini Buat Kamu Menjadi KarismatikMenjadi seseorang yang karismatik membuat Anda mudah disukai orang lain. Karena seseorang yang karismatik cenderung mementingkan kepentingan orang lain terlebih dahulu alih-alih sibuk mementingkan kepentingan dirinya sendiri. (sumber: Ist)

BANDAR LAMPUNG - Menjadi seseorang yang karismatik membuat Anda mudah disukai orang lain. Karena seseorang yang karismatik cenderung mementingkan kepentingan orang lain terlebih dahulu alih-alih sibuk mementingkan kepentingan dirinya sendiri. 

Orang yang karismatik juga mudah mencuri perhatian orang lain walaupun mereka tidak ada niat untuk melakukannya. Biasanya mereka adalah pribadi yang hangat, mudah bergaul, dan memiliki pancaran diri yang berwibawa.

Tak hanya bawaan lahir, menjadi karismatik juga bisa dilatih lho! Berikut adalah 5 cara menjadi karismatik:

1. Lebih banyak tersenyum 
Sebuah penelitian yang dilakukan di Switzerland meneliti keterkaitan antara tersenyum dengan terlihat menarik dan hasilnya responden yang lebih banyak tersenyum terlihat lebih menarik dibandingkan responden yang jarang tersenyum. Selain itu, tersenyum juga membuat Anda terlihat bahagia dengan hidup Anda.

2. Ekspresikan perasaan Anda 
Ronald E. Riggio, seorang psikolog di Universitas Claremont Mckenna mengatakan bahwa seseorang yang berkarisma mampu menunjukkan ekspresi mereka dengan sungguh-sungguh. Karena ini adalah cara mereka menunjukkan emosi dan suasana hati mereka kepada orang lain.

3. Gunakan kata-kata yang bisa dipahami lawan bicara
Seseorang yang berkarisma mampu berbicara dari hati ke hati. Salah satunya adalah menggunakan pilihan kata yang dapat dipahami oleh lawan bicara. Dean Keith Simonton, seorang psikolog di Universitas California dalam bukunya yang berjudul "Mengapa Presiden Sukses" mengatakan bahwa komunikator yang paling efektif menggunakan pilihan kata yang konkret daripada abstrak.

4. Bicarakan potensimu, bukan pencapaianmu
Penelitian menunjukkan bahwa menceritakan pencapaian tidak membuat lawan bicara tertarik kepada Anda. Sebaliknya, lawan bicara justru akan menaruh perhatian lebih ketika Anda membicarakan potensi Anda.

5. Ikutilah gestur lawan bicara 
Penelitian yang dilakukan oleh psikolog, menunjukkan bahwa dua orang yang saling berkomunikasi dan saling menirukan gestur tubuh satu sama lain menunjukkan rasa percaya dan aman. 

Contohnya adalah menyilangkan kaki, menaikkan alis hingga mengangguk. Mereka juga berpendapat bahwa salah satu cara terbaik melakukan negosiasi adalah dengan menirukan gerakan lawan bicara.

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS