Teruskan Estafet Peduli Bumi, Asuransi Astra Dorong Literasi Keuangan di Balikpapan

Yunike Purnama - Rabu, 09 November 2022 17:34
Teruskan Estafet Peduli Bumi, Asuransi Astra Dorong Literasi Keuangan di BalikpapanKegiatan Asuransi Astra edukasi keuangan untuk siswa SMKN 3 Balikpapan dalam rangka tingkatkan literasi keuangan generasi muda. (sumber: Asuransi Astra )

BALIKPAPAN - Peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan produktivitas tenaga kerja Indonesia perlu diperhatikan demi menciptakan insan-insan penggerak bangsa yang dapat bersaing secara global. 

Dalam hal ini para stakeholder memiliki peran penting guna mendukung pembangunan SDM yang dianggap sebagai infrastruktur negara dalam pemulihan ekonomi melalui berbagai pelatihan sejak dini.

Literasi dan Edukasi Keuangan 

Direktur Asuransi Astra Wisnu Kusumawardhana memaparkan, Asuransi Astra turut serta berkontribusi dalam mewujudkan hal tersebut dengan kembali melanjutkan aksi Estafet Peduli Bumi melalui literasi dan edukasi keuangan serta penyaluran sejumlah beasiswa di SMKN 3 Balikpapan.

Aksi ini juga dilanjutkan dengan tiga kegiatan lainnya yakni, melakukan revitalisasi posyandu dan penyerahan bantuan operasional, pengelolaan sampah dengan Bank Sampah serta penanaman 2.000 bibit mangrove yang dilaksanakan pada Selasa, 8 November 2022 hingga 9 November 2022.

Program literasi keuangan saat ini menjadi salah satu inisiatif penting guna membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi melalui praktik pengelolaan keuangan yang baik.

“Asuransi Astra beraspirasi dengan memberikan pembelajaran sejak dini kepada para pelajar dalam meminimalisir dan mengatasi risiko yang disampaikan secara langsung,”papar Wisnu dikutip dari keterangan resmi pada Rabu, 9 November 2022. 

Pelatihan manajemen keuangan ini merupakan upaya perusahaan dalam meningkatkan literasi dan edukasi keuangan masyarakat Indonesia. Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2022 angka menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen dan inklusi keuangan sebesar 85,10 persen. 

Nilai ini mengalami peningkatan dibandingkan hasil pada 3 tahun sebelumnya, sehingga diharapkan mengalami peningkatan secara berkelanjutan.

Penyerahan Beasiswa 

Upaya ini juga didukung dengan penyerahan beasiswa kepada para murid yang tidak hanya berprestasi namun memiliki potensi besar sesuai dengan kejuruannya. Hal ini diharapkan dapat memberikan kesempatan untuk memotivasi para murid dalam menekuni bidangnya sebagai masa depan bangsa ini. Bantuan operasional sekolah juga disalurkan dalam memberikan pendidikan yang berkualitas.

Literasi dan edukasi ini memberikan pengetahuan baru terkait manajemen risiko kepada anak didik kami agar mereka dapat implementasikan sedini mungkin untuk masa depan. Pengetahuan ini juga dapat mendorong mereka guna memiliki kompetensi yang jelas, semangat berwirausaha dan berwawasan global. 

"Dengan adanya dukungan Asuransi Astra, diharapkan mereka dapat lebih maju lagi dalam mengasah keterampilan dan menciptakan pribadi siap kerja,” ucap Sukarni Chandra  selaku Kepala Sekolah SMKN 3 Balikpapan.

Revitalisasi Layanan Kesehatan 

Foto: Asuransi Astra 

Selanjutnya di pilar kesehatan, Asuransi Astra meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan melalui revitalisasi bangunan serta toilet dan memberikan bantuan penunjang operasional posyandu seperti timbangan digital untuk bayi dan balita, alat pengukur tinggi badan, thermometer, dan timbangan dacin.

Posyandu sendiri memiliki fungsi yang besar bagi masyarakat sekitar dalam mencegah angka kematian melalui program dan penyuluhan bagi para Ibu terkait kesehatan dirinya dan bayi. Sehingga penyaluran bantuan ini diharapkan memberikan manfaat baik secara berkesinambungan pada kesehatan ibu dan bayi seperti pemantauan status gizi, imunisasi pencegahan penyakit dan lainnya yang dapat menjawab seluruh kebutuhan kesehatan.

Kolaborasi bersama Bank Sampah

Asuransi Astra juga menyadari pentingnya kesejahteraan lingkungan sekitar Balikpapan dan berkolaborasi dengan Bank Sampah melalui penyerahan sejumlah bantuan untuk kegiatan operasional seperti timbangan sampah, laptop, dan printer. Penyerahan bantuan ini guna mendorong produktivitas pengelolaan sampah masyarakat dan mengurangi pembuangan sampah pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang mencemari lingkungan.

Penanaman Mangrove 

Tidak berhenti disitu, masih dalam bentuk upaya perusahaan menjaga dan merawat lingkungan, aksi terakhir Estafet Peduli Bumi di Balikpapan dicanangkan dengan melakukan penanaman 2.000 bibit mangrove yang terletak di Mangrove Center Graha Indah, Balikpapan. 

Pohon mangrove merupakan solusi penyerap karbon dioksida akibat emisi gas rumah kaca dan sebagai sumber oksigen yang baik serta upaya mitigasi bencana alam sekitar pantai akibat arus air laut. 

Penyerahan ini dilakukan oleh Direktur Asuransi Astra Wisnu Kusumawardhana dan YME Adi Sepiarso kepada Kepala Pengelola Mangrove Center Graha Indah Balikpapan, Agus Bei, Kepala Camat Balikpapan Utara, Drs. Muhammad Idris, M. Si, dan Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Balikpapan, Irma Nurmayanti.

Munculnya berbagai industri dan pelaku usaha baru akibat disrupsi digital memicu tantangan ekonomi dalam mendorong persaingan kerja menjadi semakin kompetitif. Penting bagi generasi muda sebagai penerus bangsa mempersiapkan diri dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang baik. 

Asuransi Astra menyadari peranannya dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional, memberikan literasi dan edukasi keuangan pada murid SMKN 3 Balikpapan. Kemudian menyerahkan sejumlah beasiswa kepada para murid dan bantuan laptop serta komputer kepada sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar.

"Dalam bidang kesehatan, kami merevitalisasi bangunan dan memberikan bantuan operasional posyandu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Lalu seperti kegiatan pada kota-kota sebelumnya, Asuransi Astra juga bergerak pada bidang lingkungan dengan berkolaborasi bersama Bank Sampah dalam pengelolaan sampah dan penanaman 2.000 bibit mangrove. Kegiatan-kegiatan ini berdasarkan prinsip sustainability sehingga diharapkan rangkaian tidak hanya memberikan manfaat sekarang namun secara berkelanjutan untuk Indonesia dan generasi mendatang,”tutup Wisnu.

Rangkaian kegiatan Estafet Peduli Bumi diwujudkan demi menyejahterakan Indonesia melalui program-program yang berkesinambungan. 

Tak hanya, memberikan literasi dan edukasi keuangan hingga penanaman mangrove, Asuransi Astra akan terus berkontribusi di kota-kota selanjutnya guna memberikan dampak berkelanjutan demi memberikan peace of mind bagi jutaan masyarakat Indonesia. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS