Taklukan Tanggamus, Tim Sepak Bola Lampura Lolos ke Final Porprov Lampung IX

M. Iqbal Pratama - Jumat, 09 Desember 2022 18:52
Taklukan Tanggamus, Tim Sepak Bola Lampura Lolos ke Final Porprov Lampung IXPertandingan sepak bola tim Lampung Utara vs Tanggamus pada ajang Porprov Lampung IX 2022. (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG - Juara bertahan 2 kali beruntun Lampung Utara kembali mendapatkan kesempatan  ke partai final cabang olahraga sepak bola Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung IX. Hal ini dipastikan usai Lampung Utara (Lampura) menaklukan Tanggamus.

Bermain di Stadion Pahoman, Bandar Lampung pada Jumat, 9 Desember 2022 Lampura tampil menyerang dari babak pertama dimulai, serangan demi serangan dibangun oleh skuad asuhan pelatih Sugito tersebut. Namun, finishing yang buruk membuat Lampura gagal memasukan satu gol pun.

Tanggamus pun bermain sangat baik dibabak pertama. Serangan yang dibangun dari sektor sayap membuat lini pertahanan Lampura kerepotan. Kiper Tanggamus, Dimas Trisanjaya tampil gemilang dibabak pertama. Tiga tembakan langsung tepat kegawang mampu ditangkap dengan baik.

Dibabak kedua, Tanggamus mengendurkan serangan. Alhasil, Lampura tampil dominan dengan serangan demi serangan yang dibangun dari sisi sayap kanan dan kiri pertahanan Tanggamus. Tapi lagi-lagi kiper Tanggamus Dimas tampil baik dengan menepis tendangan on target tersebut.

Gol Lampura justru hadir diawal babak kedua, tepatnya dimenit ke 48. Berawal dari sulitnya menembus pertahanan Tanggamus, penyerang Lampura, Dendi Fernando melepaskan tendangan kuat dari luar kotak penalti ke gawang Tanggamus, gol untuk keunggulan Lampura.

Usai kebobolan, Tanggamus langsung berusaha membalas gol, namun serangan balik Lampura juga sangat berbahaya. Itu terbukti dengan gol di menit 73 yang berhasil dilesakan oleh Bayu Sutrisno untuk membawa Lampura unggul 2-0. Keunggulan ini bertahan hingga wasit meniup pluit tanda berakhir pertandingan.

Pelatih tim Lampung Utara Sugito mengatakan, pada pertandingan ini ia mengakui kekurangan pemainnya, terutama dalam sisi penyelesain akhir. Namun, tampil gemilangnya kiper Tanggamus juga menjadi kesulitan sendiri bagi anak asuhnya.

"Kita memang sedikit kesulitan di finishing, dan kiper lawan bermain bagus. Dibabak kedua kita langsung ubah strategi permainan. Kedepan akan ada evaluasi untuk babak final," kata dia.

Sugito pun mengaku optimis Lampung Utara bakal menjadi kampiun dan meraih medali emas tiga kali beruntun di final kali ini. "Kita sudah meraih dua emas beruntun di Porprov Lamsel, Porprov 2017, dan insyaallah Porprov 2022," ucap dia. (IQB)

Editor: Yunike Purnama
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS