Strategi Antam Hadapi Larangan Ekspor Bauksit Mulai 2022

Yunike Purnama - Jumat, 24 Desember 2021 09:56
Strategi Antam Hadapi Larangan Ekspor Bauksit Mulai 2022Salah satu perusahaan yang saat ini masih produksi dan ekspor bauksit yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). (sumber: antam.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo akan menyetop seluruh ekspor raw material (bahan mentah) untuk bauksit dan tembaga di tahun depan. Kebijakan itu diterapkan agar Indonesia dapat merasakan nilai tambah.

Salah satu perusahaan yang saat ini masih produksi dan ekspor bauksit yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Terkait dengan kebijakan Presiden itu, Antam mengaku akan mengikuti kebijakan yang nantinya akan diberlakukan.

"Pada prinsipnya kita harus sesuai dengan regulasi. Kita pasti akan mengikuti ketentuan yang berlaku,” kata Corporate Secretary Antam Yulan Kustiyan dalam video konferensi usai RUPSLB, Kamis (23/12/2021).

Di sisi lain, perusahaan juga akan memaksimalkan kegiatan operasional dan berupaya memberikan kontribusi positif bagi perseroan.

Yulan menambahkan, Antam akan senantiasa memperkuat portofolio perusahaan dengan potensi dan sumber daya yang dimiliki. Yulan menjabarkan, saat ini Antam menjajaki beberapa peluang bisnis dari hulu ke hilir untuk komoditas nikel terutama, emas, dan bauksit.

"Untuk di hulu, Antam saat ini aktif melakukan eksplorasi di wilayah-wilayah perusahaan serta juga di Jawa sebagai studi awal di beberapa daerah prospek,” kata dia.

Selain itu, dengan komposisi anggota MIND ID saat ini juga membuka kesempatan bagi Antam untuk bisa bersinergi dalam pengelolaan aset pertambangan nasional untuk mendukung pengembangan hilirisasi.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS