Start Up Moduit Raih Pendanaan Rp64,04 Miliar dari Singapura dan Grup Djarum

Eva Pardiana - Rabu, 10 November 2021 21:50
Start Up Moduit Raih Pendanaan Rp64,04 Miliar dari Singapura dan Grup DjarumStart up Investasi, Moduit (sumber: reksadana.ojk.go.id)

JAKARTA – Start up Investasi, PT Moduit Digital Indonesia (Moduit) meraih pendanaan senilai US$4,5 juta atau senilai lebih Rp64,04 miliar (asumsi kurs Rp14.233 per dolar Amerika Serikat) dalam putaran pendanaan pra-Seri A yang dipimpin oleh Reciprocus Moduit Holding (RMH) Singapura.

Putaran pendanaan pra-Seri A yang diperoleh Moduit berasal dari konsorsium RMH yang terdiri dari Reciprocus Financial Services Pte Ltd, pengusaha insuretech Walter de Oude, dan Helicap, perusahaan fintech asal Singapura. Turut terlibat pula dalam pendanaan ini adalah anak perusahaan Grup Djarum yakni PT Alto Network Indonesia.

"Moduit adalah platform yang sempurna untuk menggabungkan teknologi dengan perencanaan keuangan di Indonesia, dan Moduit memiliki semua resep untuk mencetak pertumbuhan cepat dan kesuksesan,” kata Founder Singlife Walter de Oude dalam keterangan resmi, Rabu, 10 November 2021. 

Para investor menjelaskan, pendanaan tersebut diperoleh karena kinerja Moduit yang kuat sepanjang 2021. Tahun ini, Assets Under Advisory (AUA) Moduit tumbuh 40% seiring rata-rata nilai investasi untuk Business to Customer (B2C) mencapai US$ 4600 atau senilai Rp66,7 juta per klien. 

Seiring dengan itu juga, jumlah Mitra Penasehat Keuangan (Advisory Partner) Moduit tumbuh 74%. Para mitra ini rata-rata dapat menangani portofolio sebesar US$60.000 atau Rp870 juta per klien.

Dengan pendanaan ini, Moduit berencana memperluas platformnya untuk menawarkan produk terkurasi tambahan dari wealth management selain reksa dana dan obligasi. 

“Kami akan menarik lebih banyak profesional untuk bergabung dengan kami sebagai Mitra Perencana Keuangan di Moduit. Kami akan menawarkan kepada mereka lebih banyak peluang dan keseimbangan hidup yang lebih baik,” ujar Founder & CEO Moduit Jeffry Lomanto.

Moduit juga akan meningkatkan fitur Moduit Robo-Advisor, fitur yang menyediakan layanan perencana keuangan otomatis berbasis algoritma dengan sedikit keterlibatan atau tanpa pengawasan manusia. 

Jeffry memaparkan, Moduit menargetkan penambahan tiga kali lipat jumlah Mitra Perencana keuangan Moduit dan mendorong pertumbuhan AUA hingga tujuh kali lipat pada 2022. 

“Seluruh tim Moduit sangat bersemangat dengan perkembangan ini. Dengan peluang yang sangat besar di Indonesia, tujuan akhir kami ke depan adalah ekspansi ke seluruh Indonesia, dan kami juga berencana untuk mengejar pendanaan Seri A pada akhir 2022,” paparnya. (*)

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ananda Astri Dianka pada 10 Nov 2021 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS