Simak Lima Cara Hemat Listrik agar Tagihan Tidak Bengkak

Eva Pardiana - Kamis, 06 Januari 2022 16:24
Simak Lima Cara Hemat Listrik agar Tagihan Tidak BengkakCatat Lima Cara Hemat Listrik agar Tagihan Tidak Bengkak (sumber: Dok. PLN)

JAKARTA – Tagihan listrik merupakan salah satu dari sekian banyak pengeluaran rumah tangga yang tidak dapat dihindari. Listrik juga merupakan salah satu beban pengeluaran terbesar setiap bulannya. 

Namun, bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa melakukan beberapa cara agar tagihan listrik Anda tidak membengkak. Berikut beberapa cara untuk menekan tagihan listrik yang bisa Anda lakukan.

1. Periksa Segel pada Jendela dan Lemari Es

Anda perlu memastikan lemari es dan freezer telah tertutup rapat untuk menjaga udara dingin tetap pada tempatnya. Hal ini juga berlaku untuk pintu dan jendela. Jika Anda menyalakan AC, sebaiknya tutup rapat jendela dan pintu Anda.

2. Hindari Menyalakan atau Mematikan AC Terlalu Sering

Jika Anda ingin keluar dari dalam ruangan dalam jangka waktu yang sebentar sebaiknya Anda tidak perlu untuk mematikan AC. Biarkan AC tetap menyala, karena jika Anda mematikan kemudian menyalakan AC kembali dalam waktu yang singkat hal tersebut akan membuat peralatan membutuhkan listrik lebih besar.

3. Lepaskan Kabel Steker

Jika Anda sudah tidak lagi menggunakan listrik untuk alat elektronik Anda, biasakan untuk segera melepas kabel steker. Hal ini karena kabel steker yang tidak dicabut meski sudah tidak digunakan akan membuat aliran listrik tetap mengalir. Hal inilah yang membuat tagihan listrik Anda tetap membengkak.

4. Gunakan Penerangan Alami

Saat pagi atau siang hari cobalah untuk membuka jendela dan gorden agar sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Selain menyehatkan tubuh karena sirkulasi udara yang membaik, hal tersebut juga akan menurunkan tagihan listrik Anda karena Anda tidak perlu menyalakan lampu saat cahaya matahari masih menerangi rumah Anda.

5. Hindari Terlalu Sering Menggunakan AC

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia tentu membuat Anda sering merasa gerah atau kepanasan. Tidak mengherankan jika banyak orang termasuk Anda mengandalkan AC untuk membuat udara di dalam rumah atau ruangan menjadi sejuk, Akan tetapi, AC ternyata justru menyedot daya listrik yang lebih besar daripada perangkat elektronik lainnya.

Jika Anda ingin menghemat pemakaian listrik agar tagihan listrik menurun, sebaiknya Anda menggunakan AC dengan bijak dan pastikan ruangan tersebut tertutup rapat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kipas angin yang tentunya lebih hemat listrik daripada AC. (*)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 05 Jan 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS