Simak! Berikut Ciri-ciri iPhone Anda Sedang Diretas

Yunike Purnama - Minggu, 29 Januari 2023 12:01
Simak! Berikut Ciri-ciri iPhone Anda Sedang DiretasIlustrasi iPhone (sumber: Freepik )

BANDAR LAMPUNG - Salah satu ponsel yang saat ini populer digunakan oleh banyak orang adalah iPhone. iPhone memang dikenal memiliki keamanan yang lebih kuat daripada ponsel pada umumnya.

Namun ada baiknya jika Anda tetap berhati-hati dan mengetahui cara mengenali apakah iPhone Anda sedang diretas atau dimata-matai. Berikut penjelasannya.

Ciri-ciri iPhone Sedang Diretas

1. Ponsel jadi sangat panas

Jika Anda menemukan bahwa ponsel jadi sangat panas akhir-akhir ini, hal tersebut bisa menjadi suatu pertanda bahwa ponsel Anda telah diretas. Spyware yang berjalan di latar belakang dapat membuat ponsel bekerja lebih keras sehingga ponsel mengeluarkan lebih banyak panas.

2. Baterai jadi cepat habis

Deteksi perubahan mendadak dalam jumlah waktu yang dibutuhkan baterai ponsel untuk habis. Ponsel yang sedang diretas akan terus mengirimkan data dari ponsel ke peretas yang membuat ponsel menggunakan lebih banyak daya dan akan menghabiskan baterai jauh lebih cepat dari biasanya.

3. Penggunaan data internet bulanan jadi jauh lebih tinggi

Telepon yang disadap menggunakan banyak data karena terus mengirimkan informasi kembali ke telepon atau komputer peretas.

4. Ponsel melakukan reboot secara tidak terduga

Malware di ponsel dapat mengganggu fungsi normal ponser. Hal ini akan membuat isi ponsel jadi bermasalah dan memulai ulang secara acak.

5. Ponsel membutuhkan waktu lama untuk dimatikan

Saat Anda mematikan ponsel, ponsel harus menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Jika ponsel membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya untuk dimatikan, bisa jadi stalkerware telah terpasang di ponsel.

6. Ponsel lebih lambat dari biasanya

Setiap ponsel akan jadi lambat dari waktu ke waktu. Akan tetapi, jika Anda mengalami hal ini bersama dengan masalah lain yang telah disebutkan di daftar ini, maka ada baiknya Anda curiga.

7. Aplikasi pendeteksi spyware memberitahukan anda akan aktivitas yang tidak biasa

Jika Anda curiga bahwa Anda sedang dikuntit, pertimbangkan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi pendeteksi spyware seperti Avast, AVG, Cergo AntiSpy, atau McAfee. (*)

Editor: Redaksi
Tags iPhone diretasBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS