Sentimen The Fed Bakal Tekan Harga Emas di Perdagangan Pekan Ini

Yunike Purnama - Senin, 30 Januari 2023 05:34
Sentimen The Fed Bakal Tekan Harga Emas di Perdagangan Pekan IniHarga emas batangan 24 karat Antam turun Rp7.000 pr gram (sumber: ilustrasi emas batangan/iStock )

JAKARTA - Harga emas bergerak melemah pada hari sabtu pagi karena pasar logam wait and see jelang rilis data inflasi pilihan Federal Reserve, sementara pemulihan dolar juga menekan harga menyusul angka pertumbuhan ekonomi AS yang lebih baik dari perkiraan.

Dalam penutupan pasar AS Sabtu pagi jam 03.30 wib harga emas dunia ditutup di level US$1.934,60 per troyounce.

Untuk perdagangan hari Senin, emas dunia akan di perdagangkan melemah di rentang US$1.910,30 per troyounce hingga US$1.956,36 per troyounce.

President and Founder at Astronacci Aviatio, Gema Merdeka Goeyardi mengatakan harga emas batangan turun tajam dari level tertinggi sembilan bulan pada hari Kamis setelah data menunjukkan ekonomi AS tumbuh lebih dari yang diharapkan pada kuartal keempat, bahkan saat tren yang mendasari mengisyaratkan lebih banyak pelemahan.

Tetapi angka tersebut masih memicu pemulihan selera risiko, dan membantu dolar pulih dari level terendah delapan bulan terhadap sekeranjang mata uang.

Rilis data pertumbuhan kuartal keempat yang sedikit lebih kuat dari yang diharapkan dari AS pada hari Kamis tidak banyak mengubah kalkulus itu, dengan rincian angka menunjukkan bahwa pengeluaran konsumen riil melambat lebih dari yang diharapkan dan indeks triwulanan untuk pengeluaran konsumsi pribadi juga secara mengejutkan turun tajam.

Sementara inflasi masih jauh di atas target dan pengangguran berada pada siklus rendah, ada tanda-tanda bahwa ekonomi merespons kebijakan moneter yang lebih ketat dan Fed akan menyadari kekhawatiran bahwa menaikkan suku bunga terlalu keras dan cepat berisiko membuat investor keluar pasar dan emas kembali jatuhi," kata Gema dikutip Minggu, 29 Januari 2023.

Ditambahkan, konsensus saat ini dengan tegas mendukung Fed menaikkan kisaran target untuk dana makan hanya 25 basis poin minggu depan, setelah bergeser dari kenaikan 75 menjadi 50 basis poin pada pertemuan terakhirnya di bulan Desember. Rilis indeks harga Desember untuk pengeluaran konsumsi pribadi inti - ukuran inflasi yang disukai Fed - pada pukul 08:30 ET (13:30 GMT) nanti harus jauh dari perkiraan 4,4% untuk mengubah pikiran siapa pun pada saat ini panggung.

Pergeseran ekspektasi untuk kebijakan Fed telah mendukung mata uang Eropa sepanjang pekan sejak Bank Sentral Eropa dan Bank Inggris keduanya secara luas dianggap masih perlu menaikkan suku bunga lebih banyak untuk menjinakkan inflasi.

Data PDB zona Eropa kuartal keempat mulai keluar, dengan Spanyol mengatakan pada hari Jumat bahwa ekonominya tumbuh 0,2% pada periode tersebut, sejalan dengan perkiraan. Data dari Jerman, Prancis, dan Italia - tiga ekonomi terbesar zona Eropa - akan dirilis minggu depan. Deutsche Bundesbank telah mengatakan memperkirakan ekonomi Jerman mandek.

Fokus sekarang pada pembacaan indeks harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi inti untuk bulan Desember, yang diperkirakan telah mundur lebih jauh dari bulan sebelumnya. Tetapi angka tersebut masih diharapkan jauh di atas target tahunan Fed sebesar 2%.

Campuran permintaan safe haven dan ekspektasi kenaikan suku bunga AS yang tidak terlalu parah mendorong emas selama enam minggu terakhir, dengan logam kuning sekarang memulihkan sebagian besar kerugiannya hingga tahun 2022. Harga emas batangan juga diperdagangkan sekitar US$140 di bawah rekor tertinggi tahun 2022.

“Harga emas sekarang diharapkan untuk bergerak dengan dua faktor utama, tanda-tanda resesi global dan setiap sinyal baru tentang kebijakan moneter dari Fed. Bank sentral secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin ketika bertemu minggu depan,” tambah Gema.(*)

Editor: Redaksi
Tags the fedBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS