Peringati HBI ke-73, Kemenkumham Lampung Upacara Tabur Bunga Hingga Kegiatan Sosial

Yunike Purnama - Selasa, 24 Januari 2023 11:15
Peringati HBI ke-73, Kemenkumham Lampung Upacara Tabur Bunga Hingga Kegiatan SosialDalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023, Kementerian Hukum dan HAM Lampung menggelar pelaksanaan Upacara Tabur Bunga bertempat di Taman Makam Pahlawan Tanjung Karang. (sumber: Yunike Purnama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG - Dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023, Kementerian Hukum dan HAM Lampung menggelar pelaksanaan Upacara Tabur Bunga bertempat di Taman Makam Pahlawan Tanjung Karang pada Selasa, 24 Januari 2023.

Upacara Tabur Bunga dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing didampingi Kepala Divisi Administrasi, M.Ikmal Idrus; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dr.Farid Junaedi; Kepala Divisi Imigrasi, Teodorus Simarmata; Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr. Alpius Sarumaha; Kepala Bagian Umum, Denial Arif; Plt. Kepala Kanim Imigrasi TPI Kelas I Bandar Lampung, Raden Ayu Fatimah dan seluruh Insan Imigrasi baik Kantor Wilayah maupun Kanim Kelas I TPI Bandar Lampung.

Pada peringatan Hari Bhakti Imigrasi tahun ini mengangkat tema 'Imigrasi Baru untuk Indonesia Semakin Maju'.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung Dr. Sorta Delima Lumban Tobing mengatakan, adanya kegiatan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Tanjung Karang dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-73 bertujuan mengajak seluruh pegawai Kemenkumham Lampung untuk tidak melupakan jasa para pahlawan dan terus melakukan pembangunan dan perubahan demi Indonesia maju.

"Pelaksanaan Tabur Bunga ini diharapkan dapat mewujudkan nilai-nilai baik sehingga terpatri di seluruh insan pengayoman khususnya jajaran imigrasi," paparnya saat diwawancarai Selasa, 24 Januari 2023.

Perkembangan Tugas Keimigrasian yang Dinamis

Foto: lampung.kemenkumham.go.id

Sorta melanjutkan, hal ini juga sesuai amanat Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia kepada Dirjen Imigrasi, bahwa tugas keimigrasian saat ini semakin berkembang dan dinamis sehingga menuntut seluruh jajaran imigrasi untuk mampu beradaptasi, bekerja lebih baik lagi dan inovatif.

Sehingga, memberikan percepatan dalam pelayanan keimigrasian. Oleh karena itu, melalui seluruh rangkaian yang telah dilaksanakan seperti, pelaksanaan Paspor Simpatik pada hari Sabtu dan Minggu, Pelayanan Eazy Passport (Layanan jemput bola) bagi kelompok rentan, Imigrasi Berbakti hingga Imigrasi Sehat.

Rangkaian HBI ke-73

Foto: Yunike Purnama/Kabar Siger

Rangkaian Peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke-73 Tahun 2023 pada tingkat wilayah Lampung meliputi Imigrasi Berbakti yang terdiri dari  Donor Darah pada Rabu, 11 Januari 2023 bertempat di Aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung.

Kemudian kegiatan sosial membersihkan Rumah Ibadah pada Jumat, 13 Januari 2023 bertempat di Musholla dan Halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung.

 Upacar Ziarah / Tabur Bunga pada Selasa, 24 Januari 2023 bertempat di Taman Makam Pahlawan Nasional Tanjung Karang

 Terahir Kunjungan Panti Sosial pada Rabu, 25 Januari 2023 bertempat Panti Asuhan Sholawatul Falah Lempasing Pesawaran.

Pada acara puncak pada Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-73 Tahun 2023 akan dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Januari 2023 berupa Upacara Peringatan dan Syukuran Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023 di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung.

Percepatan Layanan, Digitalisasi dan Golden Visa

Kemudian pada wilayah pusat Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim selalu berkomitmen untuk memajukan birokrasi keimigrasian dengan ditandai upaya pemajuan dan percepatan dalam 100 hari ke depan, yaitu segi pelayanan, digitalisasi, dan golden visa.

Golden Visa merupakan ‘tiket emas’ bagi individu potensial dari berbagai negara untuk mengembangkan modal yang akan bermuara pada peningkatan kesempatan kerja dan pembangunan ekonomi nasional.

Langkah ini diharapkan dapat mendatangkan para investor dan orang-orang yang memiliki talent, termasuk wisatawan mancanegara ke Indonesia mengingat pelayanan keimigrasian akan dirasakan lebih mudah dan sederhana.

Harapan untuk tahun 2023, Sistem Informasi Keimigrasian semakin canggih dalam mendukung tugas pelayanan dan pengawasan keimigrasian. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS