Refleksi Perjalanan Indonesia 2022, Jokowi: Kita Cukup Berhasil Lewati Masa Sulit

Yunike Purnama - Minggu, 01 Januari 2023 06:08
Refleksi Perjalanan Indonesia 2022, Jokowi: Kita Cukup Berhasil Lewati Masa SulitPresiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sekilas refleksi perjalanan Indonesia dalam menghadapi tahun 2022. (sumber: Sekretariat Presiden )

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sekilas refleksi perjalanan Indonesia dalam menghadapi tahun 2022. Tahun yang sebentar lagi akan ditinggalkan dan akan menyongsong tahun baru 2023.

"Apa yang patut kita kenang dari tahun 2022, tahun yang segera kita tinggalkan? Banyak. Ada yang menggembirakan, tak sedikit pula kabar yang kurang menyenangkan," kata Jokowi dalam akun instagramnya @jokowi, Sabtu, 31 Desember 2022.

Menurutnya, Indonesia mampu melewati cobaan berat. Salah satunya pandemi Covid-19, sehingga ekonomi nasional tetap tumbuh positif.

"Kita cukup berhasil melewati masa-masa sulit pandemi dan ancaman resesi, perekonomian kita tumbuh positif sepanjang tahun," ujarnya.

"Pertemuan dan presidensi G20 berjalan dengan baik, situasi politik dan keamanan dalam negeri yang kondusif, pembangunan infrastruktur dan sumberdaya manusia berjalan sesuai rencana, dan lain-lain," sambung Jokowi.

Dia pun tak luput menyampaikan terkait bencana alam yang bertubi-tubi melanda negeri ini. "Beberapa kawasan di negeri kita tahun ini dihentak bencana alam banjir, longsor, hingga gempa bumi," ucapnya.

"Semua itu, kabar baik dan kurang menyenangkan, datang silih berganti, memberi pelajaran, sekaligus menguatkan dan mempersatukan," dia menambahkan.

"Dengan bekal itu semua, kita meninggalkan 2022 dan menatap 2023 dengan tekad untuk membawa Indonesia melangkah maju," pungkas Jokowi. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS