Ramai di TikTok, Benarkah Hazelnut dan Kemiri Sama?

Yunike Purnama - Selasa, 13 Juni 2023 15:04
Ramai di TikTok, Benarkah Hazelnut dan Kemiri Sama?Bagi Anda yang kerap scrolling media sosial seperti TikTok, tentu Anda pernah mengetahui beberapa topik yang akhir-akhir ini diperbincangkan, yaitu perdebatan antara hazelnut yang dikira sama dengan kemiri. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Scrolling di media sosial saat ini seolah menjadi kebiasaan banyak orang. Bagi Anda yang kerap scrolling media sosial seperti TikTok, tentu Anda pernah mengetahui beberapa topik yang akhir-akhir ini diperbincangkan, yaitu perdebatan antara hazelnut yang dikira sama dengan kemiri.

Topik mengenai hal tersebut juga semakin ramai saat tangkapan layar dari video TikTok yang membahas soal hazelnut dan kemiri dibagikan di Twitter. Lalu, apakah benar hazelnut sama dengan kemiri? Berikut penjelasannya.

Penjelasan Mengenai Hazelnut dan Kemiri

Hazelnut adalah kacang yang berasal dari pohon hazel (Corylus avellana). Sebagian besar dari hazelnut dibudidayakan di Turki, Italia, Spanyol, dan Amerika Serikat.

Hazelnut memiliki cita rasa yang manis dan bisa dimakan mentah. Tidak jarang hazelnut diolah dengan dipanggang dan ditumbuk menjadi pasta. Namun tampaknya banyak orang yang lebih menyukai mengonsumsi hazelnut yang diiris atau utuh daripada yang digiling. Tidak hanya itu, hazelnut dapat dimasukkan ke dalam bahan makanan sebagai camilan yang sehat atau sebagai bahan dalam banyak masakan.

Hazelnut kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan sering dikonsumsi sebagai makanan. Hazelnut memiliki kandungan seperti minyak, protein, serat, dan antioksidan. Seperti yang dilansir dari laman WebMD, antioksidan yang terkandung dalam hazelnut memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. 

Meski konsentrasi antioksidan tertinggi ada di kulit hazelnut, beberapa resep pengolahan justru mengharuskan Anda untuk membuang kulitnya. Hal ini bisa dilakukan dengan memanggang bijinya di dalam oven selama kurang lebih 10 menit agar kulitnya mudah dikupas.

Hazelnut yang sudah dikupas dapat digiling menjadi tepung untuk dipanggang atau dibuat sebagai mentega hazelnut, spread atau olesan yang bergizi.

Selain itu, hazelnut juga bisa dicampur dengan cokelat atau rempah-rempah seperti kayu manis atau cabai sehingga Anda bisa mendapatkan snack yang manis atau pedas. Tidak hanya itu, hazelnut juga menjadi pelengkap yang tepat saat membuat kue atau dijadikan sebagai topping es krim dan makanan penutup lainnya.

Sedang kemiri sendiri dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai candlenut, dan memiliki nama ilmiah yaitu Aleurites moluccanus yang termasuk dalam genus Aleurites dan famili Euphorbiaceae.

Seperti yang ditelusuri dari laman Health Benefits, sebagian besar tanaman ini tumbuh di daerah tropis dan subtropis di dunia seperti Malaysia, Indonesia, Queensland, serta beberapa bagian dari Australia.

Pohon kemiri memiliki banyak kegunaan di bidang pengobatan sekaligus dapat dimakan. Kemiri sendiri memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga cocok untuk bahan masakan dan biasa untuk mengentalkan masakan Asia. 

Kemiri juga menjadi salah satu bumbu yang pending dalam masakan Indonesia dan Malaysia. Biasanya, kemiri digunakan dalam masakan kari atau untuk membuat saus pedas kental yang dimakan dengan nasi dan sayuran di Jawa.

Itu tadi penjelasan mengenai perbedaan antara kemiri dan hazelnut. Bisa jadi, banyak orang yang salah mengira hazelnut sebagai kemiri karena di Google Translate sering mencantumkan hasil terjemahan bahwa hazelnut adalah kemiri, meski keduanya adalah hal yang berbeda.(*)

Editor: Redaksi
Tags KemiriHazelnutBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS