Poltekkes Kesuma Bangsa Kuliah Pakar Kewirausahaan Melihat Peluang Industri Herbal

Redaksi - Selasa, 21 Februari 2023 16:15
Poltekkes Kesuma Bangsa Kuliah Pakar Kewirausahaan Melihat Peluang Industri HerbalPoltekkes Kesuma Bangsa menggelar kuliah pakar secara luring dengan menghadirkan Komisaris dan Presiden Direktur PT Mahkotadewa Indonesia Jakarta, Harmanto dan M. Wuryaning Setyawati, M.Kes (sumber: Humas Poltekkes Kesuma Bangsa )

BANDAR LAMPUNG - Sebagai generasi milenial di bidang kesehatan, selain memacu diri menjadi mahasiswa yang kompeten, jiwa kewirausahaan perlu ditumbuhkan sebagai sarana pengembangan diri yang sejalan dengan visi dan misi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kesuma Bangsa.

Dengan melihat fenomena wirausaha muda sekarang ini, Poltekkes Kesuma Bangsa menggelar kuliah pakar secara luring dengan menghadirkan narasumber Komisaris dan Presiden Direktur PT Mahkotadewa Indonesia Jakarta, Harmanto dan M. Wuryaning Setyawati, M.Kes di Kampus Poltekkes Kesuma Bangsa pada Selasa, 21 Februari 2023.

Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes Kesuma Bangsa,  M. Yusuf Kohar, S.E., M.M menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran kedua narasumber, dalam penyampaiannya, Direktur Poltekkes Kesuma Bangsa meminta kepada seluruh mahasiswa dapat memberikan atensi atas materi yang diberikan akan dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada kedua narasumber Bapak Harmanto dan Ibu Ning atas kehadirannya di kampus kami, dan saya sampaikan kepada mahasiswa agar dapat serius menyimak materi agar dapat di aplikasikan di kehidupan kalian," ucapnya.

Dilain hal, Komisaris PT. Mahkotadewa Indonesia, Harmanto menyampaikan rasa bangsa dapat hadir dan bertemu dengan seluruh pimpinan, dosen, dan mahasiswa Poltekkes Kesuma Bangsa, menurutnya, kampus ini sudah memiliki investasi yang luar biasa sehingga perlu adanya pengembangan dan kolaborasi selanjutnya.

"Terima kasih dan rasa bangga saya sampaikan dapat hadir dan bertemu dengan para pimpinan, dosen, dan mahasiswa. Kampus ini sangat luar biasa tinggal nanti kita liat bagaimana pengembangan dan apa yang bisa kita kolaborasikan," tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait peluang industri herbal dan perkembangan obat herbal oleh Presiden Direktur PT. Mahkotadewa Indonesia, M. Wuryaning Setyawati, M.Kes.

Dalam pemaparannya, ia menyampaikan bagaimana memanfaatkan setiap peluang yang ada, namun yang perlu menjadi catatan adalah untuk obat herbal ini memiliki banyak tantangan dalam segi pengembangan, penelitian, hingga pada proses pemasaran, sehingga perlunya peningkatan kompetensi ilmu di bidang herbal khususnya seperti jamu-jamuan.

"Sebagai mahasiswa, harus pula memiliki pemikiran untuk menjadi seorang wirausaha, sehingga perlu melihat peluang Industri apalagi dibidang kesehatan, namun anda perlu meningkatkan kompetensi keilmuan khususnya dibidang herbal, jamu-jamuan, karena industri ini harus memiliki ilmunya juga, bukan hanya sekedar bisnis semata," paparnya.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Komisaris PT Mahkotadewa Indonesia terkait bagaimana menggunakan media daring sebagai sarana pemasaran, karena di jaman sekarang ini setiap manusia tidak bisa terlepas dari media daring, sehingga perlunya melihat peluang dari sebuah tren masyarakat.

"Jadi teman-teman mahasiswa yang selama ini menggunakan mayoritas cara-cara manual, mari bergeser sedikit dengan memanfaatkan handphone kalian, jadikan tren masyarakat itu menjadi pundi-pundi rupiah kalian, bagaimana kalian bisa membaca trafik tren kesehatan saat ini apa, sehingga dapat ditentukan apa yang akan kalian teliti, buat, dan jual," tutupnya. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan

RELATED NEWS