PLN Berhasil Uji Coba Penggunaan 100% Biomassa pada PLTU

Eva Pardiana - Minggu, 19 Juni 2022 08:57
PLN Berhasil Uji Coba Penggunaan 100% Biomassa pada PLTUPLN Berhasil Uji Coba Penggunaan 100% Biomassa pada PLTU (sumber: Dok. PLN)

JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melalui PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) berhasil melakukan uji coba penggunaan 100% biomassa cangkang kelapa sawit untuk bahan baku pengganti batu bara (co-firing).

Uji coba ini digunakan pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan kapasitas 2x7 megawatt (MW) Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

"Sebagai pionir, keberhasilan ini juga saya harapkan dapat menjadi pemacu motivasi untuk dapat diterapkan pada PLTU lainnya," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dikutip dari keterangan resmi, Minggu, 19 Juni 2022.

Targetnya, sebanyak 52 lokasi akan diimplementasikan serupa secara bertahap pada 2025. Namun saat ini, uji coba co-firing biomassa telah dipraktikkan pada  31 Lokasi, dengan pemanfaatan 175 ribu ton biomassa. 

Capaian ini, menghasilkan produksi 185 GWh energi bersih, penurunan 184 ribu ton CO2.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasi 1 PT PJB Yossy Noval ngatakan, pengujian co-firing di PLTU Tembilah dilaksanakan secara bertahap. Pada tahap awal dimulai dari 25% penggunaan biomassa sebagai bahan bakar pengganti hingga 100%.

Hasilnya parameter operasi masih dalam batasan normal, beban 7 MW dapat dijaga dengan stabil, dan tidak terjadi load derating hingga maksimum 100% biomassa. Sebaliknya, data menunjukkan potensi perbaikan fuel flow dan NPHR cukup signifikan presentasenya karena cangkang sawit memiliki nilai kalori yang tinggi. (TA)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 17 Jun 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS