Pilih Beli Smartphone Murah Terbaru atau Flagship Keluaran Tahun Lalu?

Yunike Purnama - Sabtu, 04 Juni 2022 08:37
Pilih Beli Smartphone Murah Terbaru atau Flagship Keluaran Tahun Lalu?Ilustrasi Smartphone Flagship. (sumber: Shutterstock)

BANDARLAMPUNG - Harga smartphone biasanya turun dengan cepat dalam usia setahun, hal ini disebabkan produsen biasanya mengeluarkan model generasi terbaru setiap tahun. Anda yang sudah menabung untuk membeli smartphone baru biasanya akan menjadi banyak pertimbangan saat melihat begitu banyak model baru.

Pertimbangan yang muncul biasanya adalah mending beli smartphone murah terbaru atau smartphone flagship alias high-end terbaru tapi keluaran tahun lalu? Tentu saja smartphone keluaran lama yang dimaksud adalah yang masih baru alias segel, bukan smartphone bekas.

Smartphone flagship keluaran satu tahun atau dua tahun lalu masih cukup menarik untuk dilirik meskipun Anda harus menyediakan dana tambahan, dikutip dari Makeuseof: 

Kemampuan Kamera

Pada smartphone flagship atau high-end keluaran lama atau setidaknya satu hingga dua tahun lalu biasanya menawarkan kemampuan kamera yang masih sangat memuaskan dan tertinggi pada masanya ketika dirilis.

Fitur dan kemampuan tersebut biasanya kemudian diturunkan ke smartphone kelas menengah terbaru meskipun butuh waktu kurang lebih dua tahun setelahnya namun ada beberapa yang tidak, misalnya fitur atau kemampuan foto malam.

Prosesor atau Chipset

Meskipun sebuah smartphone flagship atau high-end tersebut sudah dirilis setahun atau dua tahun lalu biasanya performanya masih tetap jauh lebih mumpuni dari chipset smartphone kelas menengah atau murah generasi terkini.

Apabila Anda seorang gamer dan mengincar keseruan game berat di kualitas grafis tinggi maka membeli smartphone flagship yang dirilis setahun maupun dua tahun lalu masih sangat relevan. Hal yang sama juga berlaku pada kemampuan layar, misalnya panel AMOLED dengan refresh rate di 90Hz atau lebih.

Build Quality

Build quality adalah kualitas fisik dari smartphone, pada smartphone flagship desain dan kualitasnya selalu jauh lebih baik karena dirilis dengan harga tinggi. Contohnya, sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu.

Kualitas ini tetap tidak akan ditemui pada smartphone kelas menengah atau murah terbaru sekalipun, karena perangkat di kelas ini lebih memprioritaskan fitur. Fitur seperti IP68 sulit ditemukan pada smartphone kelas menengah dan murah terbaru.

Fitur Fast Charging dan Wireless Charging

Saat ini smartphone di kelas menengah dan murah juga sudah menjanjikan fitur fast charging namun biasanya daya yang berikan tidak besar dengan kapasitas baterai yang rata-rata sama, 5.000mAh. Apabila Anda juga sejak lama ingin menjajal fitur wireless charging maka memilih smartphone flagship masih lebih tepat.(*)

Editor: Yunike Purnama
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS