Pertamina dan Toyota Kerjasama Kembangkan Kendaraan Hidrogen

Yunike Purnama - Minggu, 16 Juli 2023 06:06
Pertamina dan Toyota Kerjasama Kembangkan Kendaraan HidrogenPT Pertamina (Persero) mengembangkan ekosistem kendaraan berbasis hidrogen. Proyek tersebut hasil kolaborasi bersama Toyota. (sumber: TrenAsia)

TANGERANG - Sebagai upaya mendorong Inovasi di bidang Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk mendorong transisi energi, PT Pertamina (Persero) mengembangkan ekosistem kendaraan berbasis hidrogen. Proyek tersebut hasil kolaborasi bersama Toyota.

“Hidrogen untuk kendaraan ini merupakan salah satu alternatif transportasi dengan energi bersih. Pertamina bersama Toyota akan mengembangkan ekosistem passenger car dengan basis hidrogen” ungkap Dannif Danusaputro Direktur Utama PT Pertamina New and Renewable Energy (Pertamina NRE) dikutip siara pers

Dannif mengungkapkan bahwa pengembangan ini bertujuan untuk menggali potensi bisnis hidrogen dalam transportasi. Pertamina dan Toyota bekerja sama dalam mengembangkan ekosistem mobil penumpang berbasis hidrogen. 

Selain itu, Pertamina NRE juga berencana bekerja sama dengan PT Pertamina Patra Niaga untuk membangun infrastruktur pengisian hidrogen. 

Fadjar Djoko Santoso, Wakil Presiden Corporate Communication pertamina, menyatakan bahwa inovasi di bidang transportasi ini merupakan tindakan nyata Pertamina dalam mencapai target Net Zero Emission (NZE) tahun 2060 dengan menyediakan alternatif moda transportasi yang ramah lingkungan.

“Inovasi Pertamina menuju NZE 2060 terus digulirkan, tidak hanya dari sisi bisnis utama namun juga pada bisnis turunan yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Sehingga aksi menuju NZE bisa dilakukan bersama-sama oleh semua elemen masyarakat,” ujar Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan terkemuka dalam transisi energi berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDG). 

Semua upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.(*)
 

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS