Twitter Akan Blokir Pencarian Link Threads di Platformnya

Yunike Purnama - Minggu, 16 Juli 2023 05:43
Twitter Akan Blokir Pencarian Link Threads di PlatformnyaThread dari Twitter ini adalah serangkaian tweet yang ditautkan bersama untuk menceritakan suatu narasi atau berbagi informasi dengan lebih urut sesuai kronologi (sumber: Freepik)

AS-Twitter adalah salah satu platform media sosial populer yang memudahkan penggunanya untuk berbagi pendapat, ide, dan konten. Salah satu fitur populer dari Twitter adalah kemampuannya untuk membuat dan berbagi Thread.

Thread dari Twitter ini adalah serangkaian tweet yang ditautkan bersama untuk menceritakan suatu narasi atau berbagi informasi dengan lebih urut sesuai kronologi. Akan tetapi, baru-baru ini seperti yang Anda ketahui Meta justru meluncurkan platform sosial baru bernama Threads. Fungsinya hampir mirip dengan Twitter, bahkan juga sama-sama memiliki antarmuka pengguna berbasis teks.

Meski aplikasi Threads mengizinkan pengguna untuk memposting gambar atau video, penekanan utamanya adalah tetap pada teks, seperti Twitter. Elon Musk bahkan juga secara terbuka menunjukkan ketidaksenangannya atas peluncuran Threads yang tampak seperti salinan dari Twitter.

Twitter akan blokir Threads dalam pencarian

Seperti yang dilansir dari laman 9to5mac, Twitter dilaporkan akan secara selektif memblokir pencarian tweet yang memiliki tautan dengan Threads. Namun, Twitter masih tetap mengizinkan pengguna untuk memposting URL Threads, untuk saat ini. Artinya, pengguna yang mencoba menemukan link ke Threads menggunakan URL pencarian di Twitter tidak akan menemukan hasil apapun.

Masalah ini mungkin akan menimbulkan kebingungan dan frustasi di antara pengguna yang biasanya mengandalkan Twitter untuk mencari dan berbagi informasi.

Alasan Twitter Blokir Pencarian untuk Threads

Saat ini alasan dari tindakan yang dilakukan Twitter masih tidak jelas. Akan tetapi, baik Techcrunch dan Wccftech mengklaim bahwa Twitter mungkin mengkhawatirkan terjadinya potensi penurunan lalu lintasnya setelah Threads diluncurkan.

9to5mac juga mengklaim bahwa pemblokiran Twitter Search terhadap Threads ini memengaruhi secara selektif untuk memblokir pencarian tweet yang tertaut dengan Threads. Meskipun CEO baru Twitter, Linda Yaccarino telah berusaha meyakinkan orang bahwa Twitter tidak dapat digantikan oleh Threads, perusahaan tersebut tampaknya tidak begitu percaya diri. Developer menemukan bahwa Twitter memblokir tautan ke Threads dari pencarian 

Meski begitu, saat ini, Twitter belum sepenuhnya memblokir tautan Threads. Pengguna dapat memposting tautan Threads di Twitter, dan itu akan ditampilkan secara normal. Tetapi seperti jika Anda mencoba mencarinya di Twitter mungkin tidak akan membuahkan hasil, dan hal ini ternyata sudah banyak orang yang telah melaporkannya. (*)

 

Editor: Redaksi
Tags twitterThreadsBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS