Lisensi Windows 10 Tak Lagi Dijual? Microsoft Paparkan Sebabnya

Yunike Purnama - Selasa, 24 Januari 2023 09:12
Lisensi Windows 10 Tak Lagi Dijual? Microsoft Paparkan SebabnyaMicrosoft mengumumkan bahwa mulai menghentikan penjualan lisensi Windows 10 pada akhir Januari 2023. (sumber: Wikimedia.org)

AS - Microsoft mengumumkan bahwa mulai menghentikan penjualan lisensi Windows 10 pada akhir Januari 2023. Hal tersebut telah diumumkan langsung oleh perusahaan asal Amerika Serikat itu melalui website resminya.

Mengutip TechSpot Selasa, 24 Januari 2023, sang raksasa teknologi mengungkapkan di halaman produk resmi perangkat lunak mereka bahwa mereka akan berhenti menerbitkan lisensi secara langsung untuk Windows 10 Home, Pro, dan Workstation.

Keputusan untuk menghentikan penjualan lisensi Windows 10 diambil perusahaan untuk mendorong konsumen beralih ke sistem operasi yang lebih baru yakni Windows 11.

Microsoft menambahkan, konsumen masih dapat mengunduh sistem operasi dari situs Mucrosoft hingga 31 Januari 2023.

Walau dalam waktu dekat lisensi Windows 10 tak lagi diperjual belikan, Microsoft akan terus menerima pembaruan keamanan yang melindungi PC dari virus, spyware, dan malware lainnya hingga 14 Oktober 2025.

Sebagai informasi, meski ada banyak penolakan awal terhadap Windows 11 yang bakal menggantikan Windows 10, OS tersebut terus mengikis pangsa pengguna pendahulunya dalam survei Steam.

Saat ini, menurut temuan, 3 dari 10 PC menunjukkan bahwa para gamer mulai menyukai Windows 11.

Dilaporkan juga bahwa banyak perusahaan sedang bersiap untuk beralih ke Windows 11. Hal tersebut tentunya menjadi kabar baik bagi Microsoft karena segmen perusahaan secara tradisional paling lambat untuk meningkatkan ke sistem operasi Windows terbaru. (*)

Editor: Redaksi
Tags Lisensi Microsoft Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS