Percepat Digitalisasi Industri Pelayaran, Telkom Terapkan IoT Tracking Container

Yunike Purnama - Selasa, 29 Agustus 2023 07:53
Percepat Digitalisasi Industri Pelayaran, Telkom Terapkan IoT Tracking ContainerPT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dukung percepatan digitalisasi industri pelayanan dengan melakukan kolaborasi bersama PT Tanto Intim Line (Tanto), perusahaan ekspedisi pelayaran. (sumber: Ist)

JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dukung percepatan digitalisasi industri pelayanan dengan melakukan kolaborasi bersama PT Tanto Intim Line (Tanto), perusahaan ekspedisi pelayaran. 

Melansir situs resmi Telkom Senin 28 Agustus 2023, dalam kerja sama tersebut, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi ini akan mengimplementasikan Internet of Things (Iot) Tracking Container yang bertujuan untuk memaksimalkan pelacakan unit kontainer yang dimiliki oleh Tanto melalui pemanfaatan IoT dari salah satu anak usaha Telkom, Antares.

“Telkom sebagai tulang punggung digitalisasi di Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi pada produk dan layanan digitalnya, guna menjawab kebutuhan digital bagi berbagai industri di tanah air,” ujar EVP Telkom Regional V, Teddy Hartadi. Selanjutnya, Teddy menyebutkan kerja sama dengan Tanto dengan pemanfaatan platform Antares menjadi solusi untuk memonitor pengiriman barang dengan fasilitas pelacakan yang akurat.

Antares merupakan sebuah perusahaan yang menawarkan solusi IoT untuk membantu perusahaan meningkatkan kinerja, pertumbuhan, dan transformasi bisnis mereka melalui pemanfaatan teknologi IoT. Kehadiran Antares dipandang Telkom sebagai solusi untuk membantu sektor industri mengatasi tantangan dalam era digital.

Solusi yang dihadirkan Telkom melalui IoT Tracking Container dari Antares adalah dengan instalasi GPS Tracker yang dapat mendeteksi lokasi secara real time selama proses pengiriman barang. Hasil pelacakan tersebut dapat diakses melalui dashboard web yang disediakan. Antares juga memasang fitur Bluetooth Gateway pada container depot untuk semakin memudahkan ketika monitoring container inside dan outside depot.

Penerapan solusi IoT Tracking Container oleh Antares diharapkan dapat mengurangi beban operasional perusahaan, meningkatkan efisiensi pelacakan kontainer secara real time, serta mengurangi risiko penipuan dan kemungkinan kehilangan muatan perusahaan. Dengan cara ini, diharapkan dapat menjaga kepercayaan konsumen dan terus meningkatkan pengalaman pelanggan.

Dilaporkan pada 28 Agustus 2023, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua perusahaan dilakukan dalam agenda “Instalasi Pekerjaan dan Penyediaan Layanan Managed Service Tracking Container” di Telkom Landmark Tower, Surabaya.

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS