Tips Melunasi Hutang dengan Metode Snowball

Yunike Purnama - Selasa, 29 Agustus 2023 05:56
Tips Melunasi Hutang dengan Metode SnowballMelunasi utang menjadi langkah yang penting untuk diambil agar keuangan pribadi Anda tetap sehat. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Melunasi utang menjadi langkah yang penting untuk diambil agar keuangan pribadi Anda tetap sehat. Utang jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi beban keuangan dan mungkin membuat Anda merasa stres.

Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk melunasi utang salah satunya yang paling terkenal adalah metode snowball atau bola salju.

Metode ini dipopulerkan oleh pembawa acara radio keuangan pribadi dan penulis buku terlaris dengan tema serupa, Dave Ramsey.

Metode snowball pada dasarnya adalah cara untuk melunasi utang dengan mengurutkan dari utang dengan nominal kecil ke nominal yang lebih besar. Begitu terus hingga semua utang terbayar.

Dikutip dari Investopedia, langkah melunasi utang dengan metode snowball adalah:

  • Membuat daftar semua utang sesuai dengan urutan saldonya dari yang terkecil hingga yang terbesar.
  • Membayarkan uang sebanyak mungkin setiap bulannya untuk utang yang berada di urutan teratas sambil melakukan pembayaran minimum untuk semua utang yang tersisa.
  • Setelah utang terkecil dilunasi, mulailah menyisihkan uang ekstra untuk utang berikutnya, sambil terus melakukan pembayaran bulanan minimum saja untuk utang lain yang tersisa.
  • Terus lakukan langkah ini hingga utang Anda lunas.

Dikutip dari Nerd Wallet, tingkat bunga pada masing-masing utang sebaiknya Anda abaikan sehingga pembayaran utang tetap bertahap dari yang terkecil ke terbesar.

Strategi ini pada dasarnya memaksa Anda untuk menghadai masalah yang termudah terlebih dahulu untuk kemudian melanjutkan ke masalah yang lebih besar.

Keuntungan signifikan yang bisa Anda dapatkan ketika melunasi utang dengan metode snowball adalah terbangunnya motivasi untuk melunasi utang lebih cepat.

Sedangkan kelemahannya adalah Anda membutuhkan waktu yang relatif lama untuk benar-benar bisa bebas utang. (*)

Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS