Mau Panjang Umur? Ini Cara Tingkatkan Kesehatan Mental

Yunike Purnama - Selasa, 29 Agustus 2023 06:00
Mau Panjang Umur? Ini Cara Tingkatkan Kesehatan Mental (sumber: null)

BANDARLAMPUNG - Kesehatan mental seseorang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hidup yang lebih sehat dan umur seseorang.

Diane Roberts Stoler Ed.D seorang neuropsikologi dan psikolog kesehatan mental menyebut ada langkah-langkah praktis yang dapat Anda lakukan untuk memiliki kesehatan mental yang baik.

Berikut ini adalah 6 diantaranya:

1. Tetap Aktif

Melakukan latihan aerobik dapat memicu neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati dan meredakan stres. Usahakan untuk melakukan olahraga selama 20 hingga 30 menit setiap harinya.

Olahraga memiliki banyak manfaat diantaranya adalah mencegah penyakit jantung dan stroke, mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, meningkatkan stamina, hingga meningkatkan kesehatan otak.

2. Bersosialisasi

Habiskan waktu bersama teman, keluarga, dan komunitas Anda. Bersosialisasi dapat membantu Anda melawan rasa kesepian.

3. Tenang

Teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, mindfulness, meditasi, dan yoga bisa menjadi cara efektif dalam mengelola stres dan kecemasan Anda.

Meditasi terbukti mampu membantu Anda meningkatkan fokus, suasana hati, fungsi kekebalan tubuh, hingga kualitas tidur.

4. Nikmati Alam

Keluar rumah dan pergilah ke tempat terbuka. Sinar matahari, udara segar, dan pemandangan yang sejuk bisa sangat membantu Anda dalam menjaga kesehatan mental.

Jika memungkinkan cobalah untuk berjalan-jalan dengan bertelanjang kaki. Kita kita berjalan tanpa alas kaki elektron bumi dapat menyebar ke tubuh. Hal ini membawa banyak perubahan psikologis yang bermanfaat. Salah satunya adalah membuat tidur lebih berkualitas

5. Tantang Pikiran Anda

Lakukan aktivitas yang seru dan menantang seperti membaca, mengerjakan teka-teki, berkarya dan menghasilkan kerajinan tangan, atau memainkan alat musik. Aktivitas-aktivitas ini dapat membantu otak Anda tetap tajam seiring dengan bertambahnya usia.

6. Memberi dan Membantu

Menjadi sukarelawan dan membantu orang lain dapat membuat Anda merasa lebih baik dan lebih terhubung dengan komunitas Anda.

Memprioritaskan kesejahteraan mental dapat memberikan keuntungan besar bagi Anda dan kesehatan Anda. Mulailah untuk melakukan tips-tips di atas dalam agenda harian dan rasakan manfaat yang bisa Anda peroleh.(*)

Tags Kesehatan mentalBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS