Pentingnya Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Yunike Purnama - Sabtu, 15 Juli 2023 14:17
Pentingnya Persiapkan Dana Pensiun Sejak DiniMengumpulkan dana pensiun bisa dilakukan dengan berbagai cara (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Bagi beberapa orang, masa pensiun dianggap krusial, sehingga mereka berusaha sekuat tenaga menabung saat masa produktif lalu tabungan bisa dimanfaatkan ketika sudah tidak lagi bekerja.

Mengumpulkan dana pensiun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui asuransi dana pensiun. Asuransi dana pensiun juga dikenal sebagai program asuransi pensiun atau pensiun berbasis asuransi.

Ini adalah produk asuransi yang dirancang untuk menyediakan manfaat pensiun kepada individu atau karyawan dalam bentuk pembayaran yang teratur setelah mereka pensiun.

Produk ini membantu individu atau perusahaan untuk mengumpulkan dana pensiun yang cukup untuk memenuhi kebutuhan keuangan mereka setelah masa kerja aktif.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang asuransi dana pensiun dilansir dari laman sequis.co.id, Sabtu, 15 Juli 2023: 

1. Kontribusi dan Investasi

Individu atau perusahaan yang membeli asuransi dana pensiun membayar kontribusi premi yang ditentukan secara berkala. Premi ini dikumpulkan dan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi ke dalam portofolio investasi yang beragam, seperti saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya.

2. Akumulasi Nilai Dana Pensiun

Selama periode pembayaran premi, dana pensiun akan mengalami pertumbuhan dengan adanya imbal hasil atau pendapatan dari investasi. Nilai dana pensiun akan bertambah seiring berjalannya waktu.

3. Pembayaran Pensiun

Setelah mencapai usia pensiun atau memenuhi syarat lain yang ditentukan dalam kebijakan asuransi, pemegang polis akan mulai menerima pembayaran pensiun. Berupa pembayaran seumur hidup (lifetime) atau dalam bentuk pembayaran tertentu selama periode tertentu.

4. Opsi Manfaat

Asuransi dana pensiun dapat menawarkan berbagai opsi manfaat pensiun kepada pemegang polis. Misalnya, pemegang polis dapat memilih manfaat pensiun untuk diri sendiri dan pasangan hidup. Beberapa kebijakan juga dapat memberikan manfaat pensiun kepada ahli waris jika pemegang polis meninggal dunia sebelum atau setelah memulai pembayaran pensiun.

5. Perlindungan Risiko

Selain manfaat pensiun, asuransi dana pensiun juga dapat menyertakan perlindungan terhadap risiko seperti cacat total dan permanen, kematian, atau kehilangan pendapatan karena penyakit serius. Perlindungan ini dapat memberikan jaminan keuangan tambahan bagi pemegang polis dan keluarga mereka.

6. Peraturan dan Pengawasan

Asuransi dana pensiun sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku lembaga yang bertanggung jawab atas sektor asuransi dan finansial. Hal ini memastikan bahwa produk asuransi pensiun mematuhi persyaratan hukum, transparansi, dan perlindungan bagi pemegang polis.(*)
 

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS