Yakutia Kota Terdingin di Dunia

Yunike Purnama - Sabtu, 15 Juli 2023 14:00
Yakutia Kota Terdingin di DuniaYakutia atau dalam nama resminya dikenal sebagai Republik Sakha merupakan wilayah yang sangat besar di Rusia Utara (sumber: Ist)

YAKUTIA- Sebagai negara tropis Indonesia tidak pernah mengalami musim ekstrim. Kebanyakan orang Indonesia tidak pernah membayangkan bagaimana hidup dalam kondisi ekstrim dibawah titik beku.

Salah satu kota di Rusia dijuluki sebagai kota terdingin di dunia. Yakutia atau dalam nama resminya dikenal sebagai Republik Sakha merupakan wilayah yang sangat besar di Rusia Utara dengan luas wilayah lebih dari 3 Juta Km2 bagian utara berbatasan langsung dengan derah kutub dengan ibukota berada di Yakutsk.

Yakutia meliputi 3 zona waktu, dan mengalami musim dingin yang ekstrim di bulan oktober hingga April, dimusim seperti itu suhu bisa menyentuh Minus 62°C,angka tersebut bisa naik dan menjadi lebih beku.

Wilayah ini dihuni 350 ribu orang dengan populasi yang meningkat dari tahun ketahun walaupun musim dingin terus terjadi. Bila rumah rumah di daerah tropis dan gurun meggunakan AC sebagai pendingin ruangan, warga Yakutia justru membutuhkan pemanas ruangan. Penggunaan pemanas ruangan adalah wajib bagi setiap warga bila tidak ingin membeku didalam rumah.

Layaknya kota pada umumnya berbagai fasilitas ada di kota ini seperti Mall, Biokop, Sekolah, Kave,dll. Masyarakat Yakutia sudah menjadikan hawa dingin sebagai sahabat mereka sejak zaman nenek moyang. 

Air yang keluar dari pipa di suhu luar ruangan akan langsung membeku akibat suhu ekstrim.  “Jika terjadi kecelakaan di musim dingin, misalnya pipa air pecah, yang sering terjadi, es dalam jumlah besar langsung terbentuk, Anda harus bereaksi sangat cepat, jika tidak es akan menghalangi pipa dan akan membeku sepenuhnya."  ungkap Vika Andreeva seoranh vlogger seperti dikutip dari Rusia Beyond rabu 12 Juli 2023. 

Bila anda berjalan jalan selama lima menit diluar ruangan seluruh tubuh anda akan diselimuti salju, bulu mata yang di selimuti es, dan kulit yang akan mengalami iritasi jika tidak diberi pelindung. (*)
 

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS