Pentingnya Evaluasi Ide Bisnis, Lakukan 3 Tips Berikut Ini

Ekonomi & Fintech 23 Feb 2021, By Redaksi
Pentingnya Evaluasi Ide Bisnis, Lakukan 3 Tips Berikut Ini Ilustrasi Tips Memulai Bisnis. (Shutterstock)

Kabarsiger.com – Kesalahan yang cukup banyak dilakukan oleh para pelaku usaha adalah menjalankan bisnis tanpa melakukan evaluasi ide bisnis. Padahal ini penting untuk dilakukan guna mengetahui apakah ide tersebut cukup baik dan dapat dilaksanakan atau tidak.

Sebelum membuat suatu perubahan, sebaiknya luangkan waktu untuk meneliti dan menganalisis ide bisnis seobyektif mungkin. Pastikan apakah ide bisnis tersebut potensial dan menjanjikan untuk dikembangkan.

Dilansir dari The Balance Small Business, berikut beberapa tips mengevaluasi ide bisnis yang perlu dilakukan.

1. Identifikasi Target Pasar

Langkah pertama dalam menilai potensi dari ide bisnis adalah menentukan siapa target pasarnya. Bangun profil pelanggan ideal berdasarkan pengamatan dan analisis pribadi, riset pasar pihak ketiga, dan umpan balik apa pun yang diterima. Perhatikan sejumlah faktor seperti usia, jenis kelamin, status pendidikan, tingkat pendapatan, status pernikahan dan juga lokasi target pasar.

Selain itu, penting juga melakukan analisis pasar untuk menentukan seberapa besar pasarnya, seberapa jenuh dengan pesaing, dan apakah ada ruang untuk produk atau layanan. Riset dapat dilakukan melalui survei, atau diskusi kelompok untuk menguji segmen pasar.

2. Riset Kompetisi

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan riset kompetisi. Sama seperti mengidentifikasi target pasar ideal, sebelum meluncurkan bisnis perlu juga untuk mengetahui siapa kompetitor di pasar. Riset kompetisi dapat dilakukan dengan mengumpulkan informasi penting kompetitor, mengetahui jenis persaingan yang dihadapi, mengidentifikasi keunggulan kompetitif yang dimiliki, dan melakukan analisis kekuatan dan kelemahan.

3. Lakukan Analisis Kelayakan Keuangan

Langkah Terakhir dalam mengevaluasi ide bisnis adalah dengan melakukan analisis keuangan. Ini berarti mengembangkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti berapa biayanya untuk memulai bisnis, dari mana asal modal awal, apa potensi penghasilan dari bisnis setelah beroperasi, dan lainnya.

Melakukan analisis keuangan akan membantu menetapkan data keuangan di pasar, dan mempertimbangkan sumber potensial untuk mendapatkan penghasilan, investasi, dan kredit yang tersedia untuk bisnis.(*)

Yunike Purnama

Yunike Purnama