Pemilihan Rektor Itera 2022 Telah Dimulai, Berikut Syarat dan Tahapannya

Eva Pardiana - Senin, 14 Februari 2022 19:57
Pemilihan Rektor Itera 2022 Telah Dimulai, Berikut Syarat dan TahapannyaKonferensi Pers Pemilihan Rektor Itera 2022 di lantai 2 gedung A kampus setempat, Senin, 14 Februari 2022. (sumber: Kabar Siger/Eva Pardiana)

LAMPUNG SELATAN – Panitia Pemilihan Rektor Institut Teknologi Sumatra (Itera) Periode 2022–2026 telah resmi membuka tahapan pemilihan rektor hari ini, Senin, 14 Februari 2022.

Ketua Pantia Pemilihan Rektor ITERA, Dr. Eng., Lukmanul Hakim, M.T. menjelaskan persyaratan untuk menjadi bakal calon rektor Itera mengacu pada Peraturan Menristek Dikti Nomor 19 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri.

"Yaitu berstatus sebagai PNS yang memiliki pengalaman sebagai dosen, memiliki jenjang akademik paling rendah lektor kepala, berusia maksimal 60 tahun saat dilantik menjadi rektor pada 3 Juli 2022 sesuai jadwal pelantikan rektor Itera yang telah disusun panitia. Memiliki pengalaman manajerial yang baik dan memiliki kualifikasi pendidikan minimal doktor," ujar Lukman dalam konferensi pers pemilihan rektor di kampus setempat.

Menurut Lukman, para dosen dari seluruh perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia yang memenuhi syarat dapat mengikuti Pemilihan Rektor Itera 2022.  Ia mengtakan di lingkungan Itera sendiri saat ini belum ada dosen yang memenuhi kualifikasi lektor kepala.

Ia menambahkan, mekanisme pemilihan Rektor Itera sesuai Pasal (9) ayat (3) Peraturan Menristek Dikti Nomor 19 Tahun 2017 bahwa menteri memiliki 35% hak suara dari total pemilih yang hadir, dan senat memiliki 65% hak suara. Ada pun anggota senat Itera saat ini berjumlah 10 orang.

“Kami dari panitia mengundang putra-putri terbaik bangsa untuk berpartisipasi menjadi bakal calon Rektor Itera. Mari kita dukung Pemilihan Rektor Itera agar berjalan dengan baik dan sesuai tahapan," imbuhnya.

Ketua Senat Itera Prof. Dr. Sukrasno menambahkan pemilihan rektor merupakan agenda penting bagi seluruh civitas akademika sebagai upaya untuk memilih pemimpin unggul yang mampu memberdayakan potensi yang ada di Sumatra dan sekitarnya.

"Kami senat Itera mengundang putra putri terbaik bangsa untuk bersama mendorong Itera menuju masa transisi. Banyak perubahan yang dibutuhkan di sini, terutama dari sisi organisasi, dimana saat ini jumlah mahasiswa sudah cukup banyak. Kami mengajak untuk bersama-sama berjuang memajukan Itera," ujarnya.

Sementara itu Rektor Itera Rektor ITERA Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., menegaskan dirinya tidak ikut serta dalam ajang Pemilihan Rektor Itera 2022 sebab saat ini usianya telah melampaui batas minimal yang ditetapkan dalam persyaratan. "Saya tidak ikut karena sudah melewati persyaratan minimal usia," tandasnya.

Berikut ini tahapan Pemilihan Rektor Itera 2022:

  • 14 Februari 2022 Pengumuman Pendaftaran
  • 14 Maret 2022 Batas Akhir Pendaftaran dan Pemberkasan
  • 31 Maret 2022 Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi dan Penetapan Bakal Calon Rektor
  • 14 April 2022 Penyampaian Visi, Misi, Program dan Penjaringan Aspirasi Civitas Akademika
  • 13 Mei 2022 Pemungutan Suara dan Penetapan Calon Rektor Terpilih
  • 3 Juli 2022 Penetapan dan Pelantikan Rektor Terpilih

Informasi mengenai pendaftaran Pemilihan Rektor Itera dapat diakses melalui laman http://pilrek.itera.ac.id/. (EP)

RELATED NEWS