OpenAI Dikabarkan Rencana Luncurkan ChatGPT Fitur Baru

Yunike Purnama - Sabtu, 17 Juni 2023 05:44
OpenAI Dikabarkan Rencana Luncurkan ChatGPT Fitur BaruTren teknologi AI atau kecerdasan buatan tampaknya semakin ‘memanas’ di kalangan perusahaan teknologi. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Tren teknologi AI atau kecerdasan buatan tampaknya semakin ‘memanas’ di kalangan perusahaan teknologi. Hal itu seakan-akan juga sedang dialami oleh pencipta ChatGPT, OpenAI.

Saat persaingan di bidang AI generatif semakin ketat, OpenAI tampaknya terus meningkatkan model penghasil teksnya sambil mengurangi tarifnya. AI generatif sendiri adalah suatu teknologi kecerdasan buatan yang mampu menciptakan data dalam berbagai bentuk seperti teks, gambar, video, audio, bahkan hingga model tiga dimensi.

Seperti yang dilansir dari laman Techcrunch pada 15 Juni 2023, OpenAI baru saja mengumumkan adanya perilisan versi baru dari GPT-3.5-turbo dan GPT-4. GPT-4 dari OpenAI sendiri adalah teknologi penghasil teks terbaru dengan kemampuan yang disebut function calling.

Seperti yang dijelaskan OpenAI dalam postingan blognya, function calling ini memungkinkan developer untuk mendeskripsikan fungsi pemrograman ke GPT-3.5-turbo dan GPT-4 dan membuat model untuk memproduksi kode yang dapat menjalankan suatu fungsi.

Contoh dari kegunaan tersebut misalnya function calling yang dapat membantu membuat chatbot yang mampu menjawab pertanyaan dengan memanggil tools eksternal, mengonversi natural language menjadi query berbasis data, dan mengekstrak data terstruktur dari suatu teks. Function calling ini memungkinkan para developer untuk mendapatkan data terstruktur dari model dengan lebih andal.

Di luar function calling, OpenAI memperkenalkan GPT-3.5-turbo dengan context window yang sangat diperluas. Context window, diukur dalam token, atau potongan teks mentah, mengacu pada teks yang dipertimbangkan model sebelum membuat teks tambahan apa pun.

Perlu diketahui bahwa model dengan context window akan kecil cenderung ‘melupakan’ konten bahkan dari percakapan yang sangat baru, membuat mereka menyimpang dari topik yang sedang Anda bicarakan dan seringkali dengan cara yang bermasalah. Itu artinya GPT-3.5-turbo dapat merujuk lebih banyak teks sebelumnya dari suatu percakapan, sehingga dapat menghasilkan jawaban yang lebih baik.

GPT-3.5 Turbo sendiri adalah model bahasa bertenaga kecerdasan buatan yang diklaim luar biasa kuat yang diciptakan oleh OpenAI. GPT-3.5 Turbo disebut dapat memahami dan menghasilkan teks seperti manusia hanya berdasarkan prompt, menjadikannya alat yang berharga untuk berbagai macam aplikasi. GPT-3.5 Turbo memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan model dan secara percakapan, menerima tanggapan terperinci.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS