Cobain Nih! Instagram Tambah Fitur Baru

Yunike Purnama - Jumat, 16 Juni 2023 23:32
Cobain Nih! Instagram Tambah Fitur BaruInstagram Notes ini memungkinkan pengguna untuk meninggalkan pesan status yang akan muncul untuk Close Friends atau mutual mereka di bagian atas kotak masuk atau Inbox. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Seperti yang Anda ketahui, Instagram memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan pengguna untuk berbagi. Fitur baru yang baru saja memiliki update terbarunya kali ini adalah Notes.

Instagram Notes diketahui baru saja mendapatkan update pertamanya setelah diluncurkan secara publik pada Desember 2022 lalu. Instagram Notes ini memungkinkan pengguna untuk meninggalkan pesan status yang akan muncul untuk Close Friends atau mutual mereka di bagian atas kotak masuk atau Inbox.

Dengan adanya update atau pembaruan ini, Notes dapat mengizinkan pengguna untuk berbagi musik yang sedang didengarkan sekaligus terjemahannya.

Sebelumnya, Notes di Instagram hanya dapat memberikan tampilan berupa teks dan emosi saja. Akan tetapi, dengan adanya pembaruan ini pengguna dapat membagikan klip lagu berdurasi 30 detik sebagai cara lain untuk mengekspresikan diri.

Harapan dari adanya pembaruan ini adalah orang-orang dapat menggunakan musik di fitur Notes mereka untuk membagikan suasana hati, perasaan, atau lagu favorit yang baru saja mereka dengarkan akhir-akhir ini.

Tidak hanya klip saja yang dibagikan, pengguna juga dapat menambahkan teks ke Music Notes tersebut untuk membagikan pemikiran atau pendapat mereka, jika pengguna mau melakukannya.

Instagram juga mengatakan bahwa klip lagu ini akan didukung di seluruh dunia di mana Instagram memiliki hak lisensi pada musik.

Fitur baru lainnya yang baru saja hadir adalah Notes Translations. Fitur ini hanya memungkinkan pengguna untuk mengetuk tautan ‘See translation’ di bawah catatan dalam bahasa yang berbeda untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa mereka sendiri.

Instagram sudah mendukung terjemahan di fitur lain dari aplikasinya, seperti di deskripsi sebuah postingan, komentar, dan Reels, jadi ini hanya membuat fungsi yang sama tersedia untuk Note Instagram.

Seperti yang dilansir dari laman Techcrunch pada 15 Juni 2023, selama pengujian Notes menjelang peluncurannya akhir tahun lalu, Meta mengatakan bahwa mereka menemukan pengguna memiliki cara untuk memulai percakapan dengan temannya melalui cara yang ringan. Hal ini mirip dengan cara Twitter yang meminta pengguna untuk membagikan ‘What’s happening?’ dalam aplikasinya, Instagram Notes meminta pengguna untuk membagikan pemikirannya.

Pengguna kemudian dapat mengetik Notes dengan teks atau emoji hingga 60 karakter, yang muncul di bagian atas kotak masuk teman selama 24 jam. Balasan ke Notes tersebut kemudian masuk melalui DM (Pesan Langsung).

Meski tampaknya fitur ini kurang populer, fitur Notes Instagram ini memungkinkan Meta untuk bereksperimen dengan pembaruan berbasis teks. Seperti yang Anda ketahui baru-baru ini Meta dikabarkan sedang mengembangkan aplikasi berbasis teks yang mirip dengan Twitter, dan tampaknya perusahaan tersebut memanfaatkan Notes sebagai pesaing Twitter.

Update fitur Notes ini akan mulai diluncurkan kemarin di seluruh basis penginstalan global Instagram, tetapi Anda mungkin tidak langsung melihatnya, karena peluncuran skala besar dapat memakan waktu.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS