Netflix Resmi Hentikan Password Sharing Tahun Depan

Yunike Purnama - Senin, 26 Desember 2022 14:01
Netflix Resmi Hentikan Password Sharing Tahun DepanIlustrasi logo Netflix (sumber: Netflix )

BANDAR LAMPUNG - Netflix berencana untuk mengakhiri berbagi kata sandi atau password sharing mulai awal 2023. Sebelumnya memang sudah ada desas-desus tentang berakhirnya sharing password dan Netflix telah mencari metode untuk mencegahnya. Namun menurut laporan terbaru dari The Wall Street, perubahan tersebut akan secara resmi mulai berlaku tahun depan.

Netflix telah lama mengetahui bahwa berbagi kata sandi adalah masalah yang memengaruhi keuntungan perusahaan, tapi peningkatan jumlah pelanggan yang terjadi saat pandemi di 2020 bisa menutup masalah tersebut.

Namun kini, dengan penurunan pendapatan yang terjadi tahun ini dan merosotnya jumlah pelanggan terbanyak dalam 10 tahun terakhir CEO Netflix Reed Hastings memutuskan sudah waktunya untuk bertindak atas praktik berbagai password yang telah ditunda terlalu lama, demikian dikutip dari Macrumors, Senin, 26 Desember 2022.

Mulai tahun 2023, Netflix berencana untuk meminta pengguna yang berbagi akun dengan orang lain di luar rumah tangganya untuk membayar lebih. Netflix telah menguji pembayaran tambahan untuk berbagi kata sandi di beberapa negara Amerika Latin.

Perusahaan raksasa streaming video itu mengenakan biaya tambahan sekitar US$3 (sekitar Rp 46 ribu) bagi mereka yang hendak berbagai password.

Di negara-negara yang sudah diuji coba pemilik akun utama harus memberikan kode verifikasi kepada siapa pun di luar rumah tangga yang ingin mengakses akun tersebut. Netflix akan berulang kali meminta kode tersebut hingga biaya bulanan dibayarkan untuk menambah pelanggan.

Netflix akan memberlakukan aturan berbagi kata sandi melalui alamat IP, ID perangkat, dan aktivitas akun. Agar tidak menyusahkan pelanggan, Netflix akan secara bertahap menghentikan pembagian kata sandi, dibanding harus menghentikannya sekaligus.

Seperti yang diketahui, harga pada paket Netflix memang memungkinkan pengguna menonton di beberapa perangkat yang didukung. Namun Netflix tidak pernah mengizinkan pengguna di luar rumah tangga berbagi password.

Paket premium Netflix, misalnya, bisa digunakan untuk menonton di empat perangkat seperti iPhone, iPad, dan Mac sekaligus, selama perangkat tersebut dimiliki oleh orang-orang di rumah yang sama.

Selain meningkatkan pendapatan dengan menghilangkan berbagi kata sandi, Netflix juga telah memperkenalkan langganan yang lebih murah seharga US$6,99 perbulan di AS, tapi dengan iklan. (*)

Editor: Redaksi
Tags Sharing Password Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS