Mudahkan Pengguna, Google Search Dilengkapi Fitur AI

Yunike Purnama - Kamis, 10 Agustus 2023 05:47
Mudahkan Pengguna, Google Search Dilengkapi Fitur AIIlustrasi logo Google (sumber: TechCrunch)

BANDARLAMPUNG - Google tampaknya sangat berharap pada teknologi AI-nya untuk membangun layanan Google generasi berikutnya yang tidak hanya untuk mempertahankan pengguna yang sudah ada, tapi juga membantu mendatangkan pengguna lebih banyak.

Salah satu fitur yang sedang dikembangkan oleh Google yaitu Google Search yang sekarang disebut Search Generative Experience (SGE) setelah menambahkan teknologi AI ke dalamnya. Baru-baru ini, seperti yang dilansir Trenasia.com jaringan Kabarsiger.com dari HT Tech pada Selasa, 8 Agustus 2023, mendapatkan fitur baru dan menampilkan hasil multimedia dengan gambar atau foto dan video.

Itu artinya saat Anda menggunakan Google Search yang didukung AI, Anda tidak hanya akan melihat teks dan link, tapi juga gambar dan video untuk memberikan konteks hasil dan menampilkan konten yang lebih spesifik.

3 Fitur Baru dari AI Generatif yang Ada di Google Search

Berikut beberapa fitur atau keunggulan baru yang disediakan oleh Google Search yang didukung oleh teknologi AI.

1. Menambahkan Gambar dan Video dalam Hasil Pencarian

Terkadang, kita akan lebih mudah memahami sesuatu dengan melihatnya. Oleh karena itu, Google membawa gambar ke ikhtisar yang didukung teknologi AI.

Misalnya, saat Anda menelusuri sesuatu seperti burung pemangsa terkecil, Anda akan dapat dengan cepat merujuk seperti apa burung itu dan mendapatkan informasi yang relevan dari web. Selama minggu ke depan, Anda akan mulai melihat video dalam beberapa ikhtisar yang berguna untuk melihat sesuatu yang bergerak seperti peragaan pose yoga atau cara menghilangkan noda dari marmer.

2. Mendapatkan Ikhtisar Lebih Cepat

Google melakukan peningkatan besar yang dapat mengurangi separuh waktu yang diperlukan untuk membuat ikhtisar. Dengan adanya dukungan AI, pengguna dapat memperoleh respon yang lebih cepat dari waktu ke waktu.

3. Pelajari Lebih Lanjut Ketika Ada Sesuatu yang Menarik Minat

Teknologi SGE dari Google ini dirancang untuk menjadi titik awal untuk menjelajahi informasi bermanfaat di web dengan adanya link ke hasil pencarian disertakan di samping setiap ikhtisar AI. Untuk membantu Anda lebih memahami seberapa baru informasi dari halaman web yang ada, Google juga menambahkan tanggal publikasi ke link. Selain itu, Google juga terus bereksperimen dengan cara baru yang lebih memudahkan orang-orang untuk menemukan halaman web yang mendukung informasi dalam ikhtisar AI.

Selain itu, Google juga mengatakan bahwa Search ads akan terus muncul di slot iklan khusus di seluruh halaman. Anda dapat menemukan dan menguji eksperimen ini di Search Labs yang ada di Google app baik di Chrome atau desktop.(*)

Editor: Redaksi
Tags teknologi AIgoogleBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS