Erick Thohir Pastikan JIS Menjadi Tuan Rumah Pembukaan Piala Dunia U-17

Yunike Purnama - Rabu, 09 Agustus 2023 21:32
Erick Thohir Pastikan JIS Menjadi Tuan Rumah Pembukaan Piala Dunia U-17Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan pembukaan Piala Dunia U-17 bakal dilangsungkan di Jakarta International Stadium (JIS). Sementara itu, penutupan akan dilakukan di Stadion Manahan, Solo. (sumber: Ist)

JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan pembukaan Piala Dunia U-17 bakal dilangsungkan di Jakarta International Stadium (JIS). Sementara itu, penutupan akan dilakukan di Stadion Manahan, Solo.

Namun, Erick menyampaikan pembukaan Piala Dunia U-17 tak akan sebesar pembukaan World Cup atau Kejuaraan Dunia. Ada empat stadion yang terpilih, dari total 8 stadion yang diajukan ke ke FIFA.

"Pembukaan akan ada di JIS, penutupan akan ada di Solo. Tapi ini pembukaan jangan terus terkonotasi seperti World Cup, kejuaraan dunia ya jadi ini nggak sebesar itu," kata Erick dalam konferensi pers di Gedung Kementerian PUPR pada Rabu, 9 Agustus 2023.

Adapun kempat stadion yang akan menjadi venue, yakni Jakarta International Stadium (JIS) Jakarta, Si Jalak Harupat (SJH) Bandung, Manahan Solo, dan Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Ia mengungkapkan hasil catatan dari FIFA. Erick menyebut, FIFA meminta tambahan lapangan latihan dari empat menjadi enam lapangan. Mengingat, pertandingan di Jakarta bakal berlangsung dua grup.

Menteri BUMN ini merinci, tiga akses yang ditambah di antaranya satu Untuk JPO, Kementerian PUPR menggelontorkan Rp70 miliar-Rp80 miliar untuk menggarap Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang menghubungkan Jakarta International Stadion (JIS) dengan parkiran di kawasan Ancol.

PUPR membangun jalan jembatan orang yang menuju ke parkir di Ancol sepanjang 430 meter, lebar 5 meter. Kedua akses untuk ke jalan tol dan terakhir akses menuju ke kereta api yang diperkirakan memakan waktu lebih dari bulan November.

Erick menuturkan penambahan akses ini selain menjadi catatan FIFA juga sebagai persiapan Indonesia untuk berbenah sebelum ragam pertandingan sepak bola dan non olahraga akan digelar disana.

GBK Tak Jadi Pilihan

Erick membongkar alasan mengapa Stadiun Gelora Bung Karno (GBK) tidak menjadi pilihan gelaran Piala Dunia U-17. Bukan karena konser band ternama Coldplay di Jakarta menjadi penyebabnya.

Namun salah satunya karena kondisi JIS lebih bagus. Saya rasa lebih banyak stadion di DKI Jakarta lebih bagus. Menurut Erick lebih banyak pertandingan internasional ke depan dan GBK bisa menjadi tempat gelaran tersebut. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS